Rangkuman PPKn K-2013 Perubahan 2016

#7# Cara Verifikasi Kepemilikan Blog di Webmaster Tools


Webmaster tools adalah seo bawaan blogger blogspot yang dapat kita gunakan untuk mengoptimalkan blog kita, saya selalu menggunakan ini dan merasakan manfaatnya dalam mengoptimalkan blog saya.
Banyak  fitur yang disediakan di webmaster tools, namun saya hanya menggunakan  tiga fitur saja yang saya rasa perlu, seperti  fitur verifikasi kepemilikan blog, fitur target pengunjung blog internasional atau Indonesia, fitur kirim peta situs.  Adapun fitur lain bila perlu digunakan misalnya fitur menghapus url bila terjadi ada url yang tidak punya konten.  Url  yang eror seperti ini harus dihapus dari indek google agar tidak mengganggu penampilan blog kita dan tidak mengecewakan pengunjung.
Untuk kali ini saya bahas cara memverifikasi kepemilikan blog di webmaster tools.  Verifikasi dilakukan agar google menetapkan siapa pemilik blog yang bersangkutan sehingga yang boleh masuk, mengedit  blog tersebut hanya pemilik yang telah terverifikasi dalam webmaster tools tersebut, dan google tak akan pernah membiarkan orang lain mengakses dasbhor  blog tertentu kecuali yang terverifikasi.  Manfaat lain adalah agar kita secara otomatis  terindeks oleh goggle sebagai pemiliki yang sah karena google bertanggung jawab penuh untuk menjaga data privacy (pribadi ) para penggunanya.
Ok kita mulai memverifikasi :
Buka dasbhor blog anda terlebih dahulu, setelah itu di tab yang baru ketikan kata kunci webmaster tools maka klik di list webmaster tools  maka otomatis akan terbuka ke dasbhor webmaster blog anda, seperti berikut :

Klik Tambahkan properti maka akan terbuka halaman berikut dan ketikkan alamat blog yangakan diverifikasi  di kotak add url.  Kalau situs Indonesia otomatis alamatnya co,id sehingga nati tidak perlu kita ubah target Negara.  Kecuali situs kita situs bahasa inggris dengan target Internasional maka alamatnya jangan co.id tetapi com, karena kalau sudah terlanjur menggunakan co. id  tidak bisa merubah alamatnya menjadi com.


Klik tambah maka akan terbuka halaman berikut, kemudian centang tombol Saya Bukan Robot kemudian klik Tab Metode Alternatif.  Maka akan terbuka halaman di bawah ini.
Catatan:  jangan dulu dicentang Tombol Verifikasi. Namun nanti setelah proses penambahan kode Verifikasi pada HTML Blog anda sudah selesai dilakukan.
Setelah tab Metode Alternatif di klik maka muncul halaman berikut :
Kemudian klik Tag HTML, lalu copy kode verifikasi yang ada di kotak (contoh di atas) Namun sebelum di copy maka yang harus dilakukan adalah :
Masuk kembali ke Dashbor blog anda, klik tab template yang ada di samping kiri, baru kemudian klik edit HTMl (lihat gambar di bawah)

 Setelah klik edit HTMl, maka muncul halaman kode sebagai berikut, cari tag <head>,biar cepat gunakan Control F,  lalu tekan enter. 

Maka tag <head> akan ketemu (lihat Gambar) :

Setelah ketemu makak copy kode verifikasi yang di webmaster tools tadi dan pastekan di bawah tag <head>, lihat contoh di halamn atas.  Kemudian klik simpan template (lihat gambar bawah)

Setelah tersimpan, maka kembali ke halamn verifikasi yang ada di webmaster tools tadi (lihat Gambar) nah sekarang klik tombol  verifikasi seperti gambar di bawah ini.
Setelah itu muncul halamn berikut ini, Centang lanjutkan



Maka akan muncul halaman berikut dan klik search Console

Maka akan muncul list dasbhor webmaster tools blog anda.  Tampilannya seperti berikut ini, di sisni akan muncul semua blog kita yang telah diverifikasi  yang akunnya sama.  Bila membuka webmaster blog tertentu cukup mengklik url blog yang bersangkutan.

Demikian cara verifikasi kepemilikan blog kita.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Maaf!...Komentar harus sopan, mendidik/konstruktif, komentar yang berbau spam akan saya hapus!

Entri yang Diunggulkan

Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Pendekatan Saintifik

Sumber Gambar : www.referensiguru.com Adapun langkah operasional dari model pembelajaran discovery learning meliputi stimulation; pro...