Rangkuman PPKn K-2013 Perubahan 2016

Cara Simpan File Javascript di Google Code Hosting


Sahabat blogger di manapun berada, sebagaimana kita ketahui bahwa mulai Januari 2013 penyimpanan data di Google Code Hosting tidak lagi. 
Banyak tutorial yang lama di internet tentu tidak bisa dipakai untuk yang sekarang ini.  Dan dengan tutorial ini mudahan mbah google tidak merubahnya lagi.  Perlu saya luruskan bahwa memang link download pada hosting google code sudah tidak ada tetapi kita masih bisa menyimpan file javascript dengan cara lain di Google Code.
Bagi teman yang sudah tahu abaikan saja artikel ini akan tetapi bagi sahabat blogger yang mau pakai google code silahkan ikuti cara di bawah ini.
Dengan ditutupnya google code hosting menurut sebagaian sahabat kita, memang banyak tempat penyimpanan lain di internet sejenis google code misalnya javascript.com namun tetap lebih stabil kalu kita simpan file javascript di google code hosting.
Silahkan kita ikuti cara baru ini, saya sudah menganggap sahabat sudah punya file javascript dan sudah punya akun di google code.  Kalau belum punya file silahkan buat file javascript. Caranya copy kode yang akan disimpan di notepad dan simpan dengan nama (terserah sahabat) dan akhiri dengan eksistensi js.  Misalnya : contohcode.js.
Sebenarnya cara ini adalah hasil utak atik saya digoole code makanya jangan ditertawakan kalau langkahnya terlalu panjang dan bertele-tele.  Mari kita mulai :
IKUTI LANGKAH DEMI LANGKAH :
Langkah 1 :
Perhatikan kumpulan kode javascript berikut, misalnya kita mau simpan sepotong kode berikut ini:

var thumbnail_mode = "float" ;
summary_noimg = 100;
summary_img = 10;
img_thumb_height = 10;
img_thumb_width = 80;

kita copy ke notepad lalu simpan sebagaiberikut :

File nma : isi dengan nama kode yang diakhiri dengan eksistensi js
Save as type : isi dengan All Files
Encoding : isi dengan ANSI
Kemudian Save file (file akan disimpan  di My Document di computer sahabat)
Langkah 2 :
Silahkan login ke Google Code, kalau belum silahkan daftar dulu di SINI
Kemudian klik Signin to create a project, lihat gambar berikut :
Kemudian akan muncul halaman berikut ini :

Kotak merah adalah yang perlu di isi :
Project name, Project summary, Descriptionsilahkan isi dengan nama projek anda.
Yang perlu diperhatikan di sini adalah :
Untuk kotak merah Version control system silahkan centang Subversion
Source code license isi dengan : GNU GPL v3
Project label(s)isi dengan : Blogger
Lalu Klik Create project
Langkah 3 :
Maka akan tampil laman berikut ini :

Kemudian KLIK Tab Source
Akan muncul halaman berikut :
Pada halaman di atas sebenarnya banyak tulisan atau kode tetapi anda abaikan saja yang perlu dilakukan adalah Klik Brouse.  Setelah itu akan tampil halaman berikut :

Langkah 4
Centang tab branches, kemudian klik Upload, maka akan tampil halaman berikut :

Klik Brouse untuk memilih File Javascript yang akan diupload ( sudah disimpan di computer anda)
Dalam contoh ini nama filenya adalah contohcode.js (Kotak warna Biru).  Isi commit log dengan (kata apa saja sesuaikan dengan blog anda, Kemudian klik Commit
Kemudian akan tampil halaman berikut :
Langkah 5 :
Langkah berikutnya adalah untuk mendapatkan link kode yang kita simpan tersebut.  Caranya adalah Klik Kanan pada View raw file (Kotak merah di atas) lalu pilih copy link location. Lihat gambar dibawah ini :

Setelah itu pastekan pada notepad/word/ terserah anda untuk memperoleh Link kode yang sudah disimpan tersebut.  Lihat gambar berikut :
Silahkan simpan kode tersebut di blog anda sebagai pengganti kode yang banyak tadi.  Keuntungan kita menyimpan file Javascript adalah mempercepat loading blog dan sebagai cadangan kode bila tempat penyimpanan kode template yang kita pakai dibanned oleh google.  Maka blog anda tidak akan ikut eror karena sudah disimpan di Google Code Hosting di akun sendiri.
Tidak semua kode blog dapat di singkat url-nya/disimpan di google code maksud saya adalah memang urlnya kita dapatkan tetapi kalau kita masukkan ke kode blog malahan akan membuat blog menjadi eror.
Demikian tutorial sederhana ini saya buat untuk kawan yang membutuhkannya.  Tutorial ini sangat operasional mudah dipahami untuk pemula karena saya masih pemula.  Bila sahabat sudah mengerti silahkan diabaikan saja .

"Boleh copypaste dengan jalan terhormat yaitu tampilkan link hidup sumbernya
Salam blogger
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Maaf!...Komentar harus sopan, mendidik/konstruktif, komentar yang berbau spam akan saya hapus!

Entri yang Diunggulkan

Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Pendekatan Saintifik

Sumber Gambar : www.referensiguru.com Adapun langkah operasional dari model pembelajaran discovery learning meliputi stimulation; pro...