Rangkuman PPKn K-2013 Perubahan 2016

Sekolah Sungai di Kalten



Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) meresmikan sekolah sungai di Kali Woro Purba, Desa Kemudo, Kecamatan Prambanan, Klaten, Jawa Tengah (Jateng).
Sekda Klaten Jaka Sawaldi yang menjadi Kepala Sekolah Sungai Klaten, mengatakan diharapkan dari program SSK adalah lahir para pionir atau pelopor yang akan mengawal gerakan bersih sungai menuju gerakan restorasi sungai.
Ia mengatakan, kegiatan sekolah sungai tidak sama dengan bersih-bersih sungai. Karena dalam program sekolah sungai, peserta diberi bekal untuk membersihkan sungai yang benar termasuk menjaga kelangsungan hidup ekositemnya. Sehingga kedepan sungai akan banyak membawa manfaat masyarakat sekitar, baik dibidang pertanian, ekonomi kesehatan dan lain-lain.
Pengamat lingkungan yang juga relawan, Djoko Sardjono, mengatakan pengelolaan sungai berkelanjutan berbasis komunitas harus dilengkapi bekal pengetahuan yang jelas. Selain itu perlunya sinergitas antara stakeholder, pengelola sungai, masyarakat, akademisi, dan pemerintah.
Di Klaten, kata dia, restorasi sungai sudah dilakukan sejak Februari lalu dengan kegiatan bersih sungai secara massal. Upaya itu kemudian dilanjutkan sampai saat ini. Hanya saja upaya yang dilakukan dalam pengelolaan sungai masih sepotong-potong, artinya hanya dilakukan di bagian tengah sungai, sedangkan kondisi hulu dan hilir masih memprihatinkan.
Program Sekolah Sungai yang gencar dilaksanakan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Klaten mendapatkan penghargaan dari Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta.
Penyerahan Penghargaan dilakukan Rektor UGM Profesor Dwi Korita Karnawati kepada Arif Fuad Hidayah sebagai penerima penghargaan program sekolah di kampus UGM pada bulan Desember tahun 2016 lalu.
Koordinator Relawan Sekolah Sungai, Arif Fuad Hidayah mengatakan, program ini merupakan gerakan pengurangan resiko bencana yang mampu menggerakkan seluruh komponen masyarakat yang dinilai langka diseluruh Indonesia.
Program ini juga menjadi percontohan bagi kabupaten atau kota diseluruh Indonesia.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Maaf!...Komentar harus sopan, mendidik/konstruktif, komentar yang berbau spam akan saya hapus!

Entri yang Diunggulkan

Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Pendekatan Saintifik

Sumber Gambar : www.referensiguru.com Adapun langkah operasional dari model pembelajaran discovery learning meliputi stimulation; pro...