Rangkuman PPKn K-2013 Perubahan 2016

Obat Herbal untuk Jerawat


Jerawat merupakan masalah umum dan sangat mengganggu terutama kalangan remaja.  Karena jerawat aktivitas menjadi kurang maksimal karena malu dan minder memiliki jerawat di wajah. 

Apa dan bagaimana mengatasi masalah jerawat ini?
Jerawat adalah suatu kondisi dimana pori-pori di kulit wajah oleh sebum ( minyak yang dihasilkan oleh kelenjar sebaceous di kulit ) dan sel-sel mati, sel-sel kulit mati yang menumpuk akan menyebabkan tersumbatnya folekul dan pori-pori sehingga mendorong timbulnya jerawat.  Selai  di wajah jerawat juga bisa muncul di leher, dada atau di punggung.  Jerawat lebih sering muncul di wanita karena berkaitan dengan hormon tetapi bukan tidak mungkin terjadi pada peria.
Faktor yang menyebabkan munculnya jerawat adalah :
  1. Perubahan kadar hormon di masa puber dan menjelang menstruasi yang tidak seimbang yang dapat dilihat dari siklus hormonal yang terjadi pada seseorang.  Perubahan siklus ini mendorong bertambahnya kelenjar minyak penyebab jerawat.
  2. Makan makanan yang mengandung lemak tinggi seperti gorengan, kebiasaan merokok dan begadang yang membantu penyumbatan jerawat yang maksimal.
  3. Perawatan wajah yang tidak tepat
  4. Paktor genetik yaitu keturunan, stress belum dipastikan 100 persen penyebab jerawat.
  5. Bakteri  Propionibacterium acnes yang berada pada pori-pori kulit dan akan memicu timbulnya jerawat.
Jerawat tidak mencerminkan seseorang kurang menjaga kebersihan wajah.  Beberapa tips untuk menjaga agar jerawat tidak datang :
  1. Cuci muka dengan teratur, 2 atau 3 kali sehari menggunakan sabun khusus wajah secara lembut jangan samapai iritasi.
  2. Jangan membiarkan rambut menututpi daerah wajah apalagi rambut yang kurang bersih dapat memperburuk kondisi pori-pori yang tersumbat.
  3. Sedia selalu kertas minyak di tas anda kapanpun kilit muka anda berminyak sehingga gampoang untuk mengusapnya hingga bersih.
  4. Perhatikan gizi seimbang untuk membantu kesehatan kulit.
Selain tips di atas ada  ramuan herbal untuk menghindari jerawat ada yang diminum dan ada yang obat luar.  Yang dari luar adalah dengan membuat masker kulit sebagai berikut :
  1. 1/4 liter tepung beras
  2. 1 ons tepung pati bengkoang
  3. 1/4 ons kayu manis
  4. 1/4 ons kayu mesoyi
  5. 1 sendok teh klabet
  6. 2 biji buahh pinang
  7. 1 sendok teh adas
Cara membuat masker :
  1. Cuci bersih beras dan rendam selama 12 jam kemidian saring dan siram kembali dengan air bersih agar baunya hilang.  Setelah itu tutup dengan daun  pisang dan diamkan selama 1 jam kemudian tumbuk menjadi tepung dan diayak.
  2. Tepung beras dan tepung pati bengkoang dicampur hingga rata menjadi satu.
  3. Kayu manis, kayu, masoyi, dan klabet digoreng sanagan sehingga berwarna kuning hitam (masak)
  4. Buah pinag di kupas ambil dagingnya iris dan jemur sampai kering.
  5. Adas digoreng sangan.
  6. Semua bahan no. 3, no. 4, dan no 5 digiling hingga menjadi tepung.
  7. Yangb terakhir : campurkan campuran bahan no. 2 dengan campuran bahan no. 6 sehingga rata.  Sekarang anda telah memiliki masker anti jerawat.  Maskerkan pada palam hari.
Obat jerawat untuk diminum :
  1. 2 kali ibu jari temu lawak
  2. 2 kali ibu jari kencur
  3. 1 tangkai asam
  4. 1/2 sendok jinten
  5. Gula aren secukupnya
Cara membuatnya :
Temu lawak dan kencur dikupas dan cuci hingga bersih.  Kemudian bahan no. 3, no. 4, dan no. 5 dicampur dengan bahahn no. 1 dan no. 2.  Rebus dengan oair sebanyak 1,5 gelas (350 cc) dan tinggalkan 1 gelas (250cc).  Minum setiap hari sampai jerawat lenyap.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Maaf!...Komentar harus sopan, mendidik/konstruktif, komentar yang berbau spam akan saya hapus!

Entri yang Diunggulkan

Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Pendekatan Saintifik

Sumber Gambar : www.referensiguru.com Adapun langkah operasional dari model pembelajaran discovery learning meliputi stimulation; pro...