Rangkuman PPKn K-2013 Perubahan 2016

Mengatasi Nyeri waktu Menstruasi


Nyeri Haid atau Pre-Menstyruasi Syindrome adalah gejala fisik dan psikis yang muncul pada wanita secara teratur hampir setiap bulan.  Gejala ini ditandai dengankram pada perut bagian bawah. Pre menstruasi syindrome muncul setelah wanita masa puber dan selama produktif kecuali sedang hamil.  Gejala nyeri haid disebabkan karena meningkatnya kadar estrogen dan progesterone menjelang menstrusi, berkurangnya zat kimia serotonin yang diperlukan untuk kestabilan mood dan berkurangnya vitamin B6, gangguan metabolisme prostaglandin, berlebihnya kadar cairan yang ditahan oleh tubuh.  Penyebab umum nyeri haid pada wanita adalah karena leher rahimmnya masih sempit sehingga disaat menstruasi uterus berkontraksi kuat sehingga terjadi keram perut karena rahim sedang meluruhkan lapisan dinding bagian dalam rahim yang terlihat sebagai gumpalan darah menstruasi.  Dan kurangnya olahraga.
Ramuan herbal yang dipakai adalah 1 ons temulawak, 1 tangkai asam (empat mata), 3 gelas air, gula merah dan garam scukupnya.
Cara membuatnya adalah kupas, cuci dan iris temulawak tipis-tipis, campurkan gula, garamsecukupnya kemudian rebus dengan 3 gelas air tadi hingga tersisa 1,5 gelas.  Minum setelah suam-suam kuku.  lakukan hal yang sama setiap akan datang menstruasi.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Maaf!...Komentar harus sopan, mendidik/konstruktif, komentar yang berbau spam akan saya hapus!

Entri yang Diunggulkan

Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Pendekatan Saintifik

Sumber Gambar : www.referensiguru.com Adapun langkah operasional dari model pembelajaran discovery learning meliputi stimulation; pro...