Rangkuman PPKn K-2013 Perubahan 2016

Daun Sambang Darah


Obat herbal semakin tren sebagai solusi berbagai macam penyakit, ada yang berbentuk ekstrak kapsul, jamu. Pil, maupun cair.  Tentu sumber bahan dari herbal tersebut ternyata banyak di jumpai di sekitar kita, sebut saja seperti pohon sambung nyawa dan pohon sambang darah.  Pohon sambang darah masih belum banyak diketahui sebagai obat herbal, sambang darah ini ternyata sangat manjur khusus mengobati ambeien atau wasir yang akut atau sudah berdarah, membengkak.  Pengalaman saya bahwa isteri saya ambeien yang parah (akut) berbagai obat baik medis maupun obat paten lain telah saya coba namun hasilnya tidak tuntas, masih saja mengeluarkan darah dan sangat sakit.  Suatu hari saya bersama isteri saya diberitahu sama sahabat yang tahu tentang herbal dan saya ditunjukkan pohon kembang atau bunga yang ia tanam di depan rumahnya.  Ia bilang pakai ini namanya Sambang Darah.  Pohon sambang darah ini disamping sebagai obat ambeien yang manjur juga berwarna dan berbunga indah sehingga banyak para sahabat menanamnya sebagai penghias halaman, mungkin sahabat juga memilikinya di depan rumah anda sebentar akan saya beritahu cirinya.
Hasil dari pengobatan isteri saya Cuma selang 2 hari setelah minum rebusan daun pohon sambang darah itu langsung darahnya berhenti, mengecil dan tidak sakit lagi sampai sekarang.
Cara membuatnya gampang sebagaiberikut : ambil tujuh lembar daun sambang darah, rebus dengan segelas air sampai kira-kira ¾ tersisa lalu dinginkan dan saring ke gelas lain lalu minum pagi dan sore.
     Ciri-ciri dari pohon sambang darah ini adalah :
POHON : jenis tanaman semak, tinggi maksimal 2 meter sampai berbunga, warna pohon kalau masih muda atau tunas (di pucuk) berwarna merah hati dan pohon yang sudah tua (di pangkal) berwarna tekstur kayu yaitu kuning muda mendekati putih. Diameter pohon biasanya 1 cm sampai 5 cm.
DAUN : Bagian permukaan bawah daun berwarna merah hati dan permukaan daun bagian atas berwarna kehijauan campur kemerahan, daun beruas atau berurat teratur sirip.  Diameter daun antar 5 cm samapai 10 cm dan panjang daun antara 7 cm sampai dengan 15 cm.
BERKEMBANG BIAK : dengan cara di stek dan gampang tumbuh biasanya dipakai sebagai tanaman hias di taman atau depan rumah.
BUNGA : berbentuk bulatan kecil-kecil banyak bertangkai sebesar biji kacang hijau berwarna merah hati juga dan kalau sudah mekar ada warna putihnya.
Share:

1 komentar:

  1. Yang butuh tanaman Sambang Darah dan lain-lain bisa hubungi kami di chasiapro@gmail.com Siap kirim ke seluruh Indonesia @Trims Prabowo JOgja

    BalasHapus

Maaf!...Komentar harus sopan, mendidik/konstruktif, komentar yang berbau spam akan saya hapus!

Entri yang Diunggulkan

Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Pendekatan Saintifik

Sumber Gambar : www.referensiguru.com Adapun langkah operasional dari model pembelajaran discovery learning meliputi stimulation; pro...