Rangkuman PPKn K-2013 Perubahan 2016

#10# Kirim Peta Situs di Webmaster Tools


Kewajiban yang dilaukan berikutnya setelah kita verifikasi kepemilikan blog adalah mengirim peta situs ke webmaster tools.
Keuntungannya adalah untuk segera memberi tahu robot bahwa ada artikel baru di blog kita dengan harapan segera akan terindek.  Jadi setiap anda melakukan posting maka setelah beberapa menit segeralah mengirim peta situs kita.  Begitu seterusnya setiap ada artikel baru, jangan diabaikan.  Kebanyakan kita kalau membat blog langsung taruh artikel, selesai.  Itu adalah kesalahan menurut saya.
Bagaimana cara mengirim peta situs?
Pertama silahkan login ke dashboard blogger anda dan segera masuk ke dashboard webmaster tools secara otomatis.  Cukup mengklik situ webmaster tools di pencarian dan klik link webmaster tools console.  Anda langsung di bawa ke dashboard anda.
Klik situs atau blog anda tempat artikel baru atau untuk pertama kali, berikut tampilan dashboard webmaster tools.
Kalau belum atau untuk pertama kali maka list ini akan kosong, silahkan klik “Tambah Properti” atau “ad site” dan akan terbuka kotak tempat memasukkan url blog  dan masukkan alamat blog anda di sana dan klik “Tambah” seperti di gambar no. 2 ini :










Maka situ atau blog anda akan tampil di list dashboard seperti gambar pertama di atas.  Kemudian klik di alamt blog yang akan di kirim peta situsnya atau Sitemap-nya.
Maka akan muncul halaman berikut :  Klik tab samping “Crawl – Sitemaps” kemudian klik “ADD/TEST SITEMAP” pada lingkaran hijau disamping kanan atas.
 

Maka muncul halaman seperti berikut : yaitu alamat blog anda namun masih kosong type peta situsnya, maka  tambahkan di kotak kosong di ujung alamat blog anda kata : atom.xml  seperti di lingkaran hijau gambar di bawah ini.
 

Kemudian klik tab “Submit” tunggu beberapa saat.  Kemudian akan mncul halaman di bawah ini dan Klik “Refresh the page” seperti di lingkaran merah gambar di bawah ini.

 Kemudian akan muncul halaman berikut :






Halaman ini menandakan bahwa peta situs sudah terkirim dan sudah diterima oleh Googlebot untuk di indek.  Pada contoh di atas baru pada posisi terkirim dan tersimpan sebanyak 6 artikel atau url.  Kalau sudah terindek seiring perjanan waktu maka akan ada disamping grapfik biru muncul grafik warna Merah secara bertahap sampai merahnya sama tinginya dengan warna Biru  tergantung uniknya artikel.
Ada artikel yang tidak terindek-indek robot atau tidak dijumpai atau kurang diminati robot karena artikelnya hasil copypaste atau kurang unik bahkan tidak unik.
Jadi artikel asli dan unik adalah sangat penting, jangan kita kebanyakan meng-copy paste walaupun itu boleh asalkan diberi link sumber.  Karena akan berakibat disini.  Kalu artikel kita tidak terindek robot maka artikel kita tidak muncul di halaman pencarian atau terindek separuh maka robot akan menaruhnya di halaman terakhir bukan dihalaman pertama dengan kata kunci tertentu.
Berikut contoh salah satu dari sblog saya yang selalu tampil di halaman pertama urutan 3 besar dalampencarian goole dengan kata kunci tertentu.  Jumlah artikelnya tidak banyak hanya 52 dan terindek 52 juga tidak ada url artikel yang tersisa atau eror.


Demikian cara mengirim sitemaps ke webmaster tools console.

Salam Blogger Indonesia.









Share:

1 komentar:

Maaf!...Komentar harus sopan, mendidik/konstruktif, komentar yang berbau spam akan saya hapus!

Entri yang Diunggulkan

Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Pendekatan Saintifik

Sumber Gambar : www.referensiguru.com Adapun langkah operasional dari model pembelajaran discovery learning meliputi stimulation; pro...