Rangkuman PPKn K-2013 Perubahan 2016

Jabal Nur dan Gua Hira - Cara Mengerjakan Haji dan Umroh

Sekitar 6 km sebelah utara Masjidil Haram terdapat sebuah gunung bernama Jabal Nur.  Untuk mendaki ke atas memerlukan waktu sekitar 1 jam.  Di puncaknya agak menurun sedikit terdapat sebuah gua yang cukup untuk duduk 4 orang dan tingginya setinggi orang berdiri, gua tersebut bernama Gua Hira.
Jabal Nur dan Gua Hira ini sngat penting dalam sejarah Islam, karena di gua inilah Nabi Muhammad SAW menerima wahyu yang pertama yaitu surat Al-Alaq dari ayat 1 sampai ayat 5 dengan perantaraan Malikat Jibril “Bacalah dengan [ menyebut] nama Tuhanmu yang menciptakan. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmulah yang Paling Pemurah. Yang mengajari [manusia] dengan perantaraan kalam (pena). Dia mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.
Malaikat Jibril menyelesaikan tugasnya menyampaikan wahyu pertama itu, dan Muhammad pun turun dari Gua Hira menuju rumah Khodijah dengan rasa takut amat sangat. Tubuhnya masih menggigil ketakutan ketika sampai di rumah dan di sambut dengan istrinya Khadijah. Namun, saat itu Jiwa agung Nabi Muhammad telah disinari cahaya wahyu. Beliau merekam di hatinya apa yang didengarnya dari malaikat Jibril. Setelah kejadian ini, Jibril menyapanya, “Wahai Muhammad! Engkau Rosul Allah dan akulah Jibril.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Maaf!...Komentar harus sopan, mendidik/konstruktif, komentar yang berbau spam akan saya hapus!

Entri yang Diunggulkan

Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Pendekatan Saintifik

Sumber Gambar : www.referensiguru.com Adapun langkah operasional dari model pembelajaran discovery learning meliputi stimulation; pro...