Rangkuman PPKn K-2013 Perubahan 2016

Di Muzdalifah Malam Tanggal 10 Zul-Hijjah - Bagian 8 - Cara Mengerjakan Haji dan Umroh

Jamaah akan tiba di Muzdalifah dan diturunkan untuk Mabit sampai lewat tengah malam, kemudian akan diangkut oleh kendaraan menuju Mina.  Kalu para jamaah sampai di Muzdalifah sebelum tengah malam maka harus menunggu lewat tengah malam tanggal 10 Zul-Hijjah.
Pada Mabit inilah para jamaah mempergunakannya untuk mengumpulkan batu-batu kecil/kerikil yang akan dipakai Melontar / Jamrah di Mina.
Berapa jumlah batu-batu kecil/kerikil yang akan dikumpulkan sebagai berikut :
  1. Bagi jamaah yang akan mengambil Nafar Awwal, maka akan melontar mulai tanggal 10, 11, dan 12 Zul-Hijjah, maka batu/kerikil yang dibutuhkan sebanyak (7+21+21) = 49 kerikil, dengan perincian sebagaiberikut: tanggal 10 hanya melontar Jamrah Aqobah saja = 7 batu + tanggal 11 Melontar 3 Jamrah = 21 batu + tanggal 12 melontar 3 Jamrah = 21 batu/kerikil.
  2. Bagi jamaah yang akan mengambil Nafar Tsani, maka  akan berada di Mina selama 4 hari/melontar 4 hari yaitu mulai tanggal 10, 11, 12, dan 13 Zul-Hijjah, maka membutuhkan batu/kerikil sebanyak (7+21+21+21) = 70 batu/kerikil dengan perincian sebagaiberikut : tanggal 10 hanya melontar Jamrah Aqobah saja = 7 batu + tanggal 11 Melontar 3 Jamrah = 21 batu + tanggal 12 Melontar 3 Jamrah = 21 batu/kerikil + tanggal 13 melontar 3 Jamrah=21 batu/kerikil. 
Perhatian :
  • Batu-batu kecil/kerikil yang telah dikumpulkan agar dimasukkan di kantong kain yang telah disiapkan.
  • Usahakan batu kerikil yang disiapkan agar dilebihkan sebagai cadangan untuk menghindari kekurangan karena waktu melontar tidak sampai, atau batunya jatuh, atau ada orang lain yang membutuhkan.
Jamaah akan tiba di Mina kira-kira sebelum Fajar, atau setelah Fajar, atau Pagi Hari tergantung lancar tidaknya angkutan kendaraan.

LANGSUNG KE MAKKAH 
Apabila karena sesuatu dan lain hal kendaraan Jamaah tidak ke Mina tetapi langsung ke Makkah, maka jamaah tersebut dapat melakukan kegiatan :
  1. Langsung ke Masjidil Haram untuk melaksanakan Tawaf Ifadah (Tawaf Rukun Haji) dan dilanjutkan dengan Sa'i
  2. Kemudian Bercukur (Tahallul Awwal)
  3. Jamaah kemudian dapat mengganti pakain Ihram dengan pakaian biasa.
  4. Kemudian segera berangkat ke Mina untuk melontar pada Jamrah Aqobah pada hari itu juga
  5. Setelah selesai melontar Jamarah Aqobah maka disebut Tahallul Tsani
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Maaf!...Komentar harus sopan, mendidik/konstruktif, komentar yang berbau spam akan saya hapus!

Entri yang Diunggulkan

Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Pendekatan Saintifik

Sumber Gambar : www.referensiguru.com Adapun langkah operasional dari model pembelajaran discovery learning meliputi stimulation; pro...