Rangkuman PPKn K-2013 Perubahan 2016

Di Arofah Tanggal 9 Zulhijjah - Bagian 7 - Cara Mengerjakan Haji dan Umroh

Pada malam tanggal 9 Zulhijjah para jamaah haji telah berada di Arofah, ibadah yang dikerjakan pada malam tersebut adalah Sholat berjamaah di Kemah atau Tenda, membaca Talbiyah, membaca Al Qur'an, Sholawat, Istigfar, dan ibadah lainnya.  Bicara seperlunya dan menurut keperluannya.
Pada tanggal 9 Zulhijjah pagi, bila memungkinkan jamaah dapat melakukan ziarah ke Jabal Rahmah setelah Sholat Subuh namun upayakn agar kembali lagi ke Kemah atau Tenda pada jam 09.00 pagi untuk persiapan Wukuf karena habis sholat zuhur akan dimulai Wukuf.
Sebelum di mulai Wukuf maka para jamaah terlebih dahulu mengikuti Khutbah Arofah.
Hal-hal yang akan dilakukan pada waktu Wukuf adalah Berzikir, Berdo'a, Istigfar, Membaca Sholawat, Merenung/Tafakkur, serta perbanyak membaca surat Al-Ikhlas.
Pada hari Wukuf, sholat Zuhur dan Ashar dapat dikerjakan secara Jama'/Qasar yaitu dengan Jama' Taqdim (Sholat Ashar dikerjakan pada waktu Sholat Zuhur) dan Qashar (Sholat yang 4 Rakaat dipendekkan menjadi 2 rakaat).  Kalau Jama' dan Qashar (digabung dan dipendekkan)
Wukuf di Arofah akan berakhir pada waktu tenggelam matahari (Magrib)
Sebagaimana Sholat Zuhur dan Ashar maka Sholat Magrib dan Isya dapat dikerjakan secara Jama'/Qashar.  Jama' Taqdim di Arofah atau Jama' Takhir nanti di Muzdalifah.  Kemudian para jamaah diberangkatkan ke Muzdalifah.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Maaf!...Komentar harus sopan, mendidik/konstruktif, komentar yang berbau spam akan saya hapus!

Entri yang Diunggulkan

Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Pendekatan Saintifik

Sumber Gambar : www.referensiguru.com Adapun langkah operasional dari model pembelajaran discovery learning meliputi stimulation; pro...