Rangkuman PPKn K-2013 Perubahan 2016

Cara Mengerjakan Tawaf - Cara Mengerjakan Haji dan Umroh

Tawaf adalah mengelilingi Ka'bah sebanyak 7 kali putaran.  Putaran Tawaf berlawanan dengan arah jarum jam yang dimulai dari Rukun Hajral Aswad -Rukun Iraqy - Rukun Syamy - Rukun Yamani dan berakhir kembali di Rukun Hajral Aswad.
Baitullah atau Ka'bah itu terdiri dari 4 sudut (4 Rukun), setiap sudut namanya berbeda-beda:
  1. Sudut yang pertama tempat memulai putaran Tawaf namanya (Rukun Hajral Aswad)
  2. Sudut berikutnya namanya Rukun Iraqy
  3. Sudut berikutnya bernama Rukun Samy
  4. Sudut berikunya namannya Rukun Yamani.
Bacaan-bacaan Tawaf banyak macamnya ada yang disetiap putaran berbeda-beda.  Tetapi para jamaah ada bacaan yang singkat dan mudah dihafal.  Dalam Tawaf itu sesungguhnya ada 3 macam bacaan yaitu : Bismillahiwallahuakbar, Bacaan Tasbih, dan berdo'a dengan Robbana ......dst.
Cara Tawaf :

Mulai dari Rukun Hajral Aswad, di rukun Hajral Aswad ini untuk memulai dengan melakukan Istilam (bila mungkin sebelum mulai Tawaf mencium Hajral Aswad, bila tak mungkin menciumnya cukup dengan memegangnya, bila tak mungkin memegangnya cukup menghadap Hajral Aswad dengan mengangkat tangan dari jauh dan mengecup tangan kita, bila tang mungkin juga maka cukup menoleh ke Hajral Aswad lalu mengangkat tangan dan mengecup tangan kita.
Bacaan singkat Tawaf :
Dalam Istilam itu (Sambil Mengangkat tangan kanan dan membaca) :

بِسْمِ اللهِ وَاللهُ اَ كْبَرْ
Mulai saat itu sampai dengan Rukun Yamani membacaTasbih :

سُبْحَانَ اللهِ وَ اْلحَمْدُ ِللهِ وَلَا اِ لَهَ اِ لَّا اللهُ وَ ا للهُ اَ كْبَرْ وَلَا حَوْلَا وَلَا قُوَّ ةَ اِ لَّا بِا ا للهِ ا لْعَلِيّ ا ْلعَظِيْمِ
Tasbih ini selesai di baca sampai di Rukun Yamani.  Setelah sampai di Rukun Yamani boleh mengusap pojok Rukun Ymanai, bila tak mungkin boleh mengangkat tangan atau tidak.
Kemudian dari Rukun Yamani ke Rukun Hajral Aswad hendaknya membaca :

رَبَّـنَا أَ تِـنَا فِى الـدُّ نْيَا حَسَنَةً وَ فِى اْلاَ خِرَ ةِ حَسَنَةً وَ قِـنَا عَــذَ ا بَ ا لنَّا ر
Sampai di rukun Hajral Aswad lakukan Istilam dengan bacaan diatas sambil mengangkat tangan kanan tetapi tidak mengecup tangan kita.
Demikina seterusnya pada putaran-putaran selanjutnya.
Demikianlah bacaan-bacaan dalam Tawaf secara singkat.
Perhatikan :
Pada saat berjalan pada utaran Tawaf jangan sampai badan kita menghadap Ka'bah, Pada saat Tawaf posisi Ka'bah tetap berada di samping kiri, bila sengaja atau tidak sengaja menghadap Ka'bah maka Tawafnya batal untuk putaran yang bersangkutan saja, silahkan diulangi kembali mulai pada Rukun Hajral Aswad untuk putaran Tawaf yang batal tersebut.
Tawaf tidak batal bila sedang Tawaf menhadap Ka'bah untuk melakukan Sholat karena waktu Sholat telah tiba, maka aktifitas Tawaf akan berhenti selama berlangsung Sholat.
Agar supaya Tawaf nyambung maka usahakan bergeser ke sebelah kiri sedikit sebelum mulai Tawaf di lanjutkan, bila anda ragu tidak nyambung karena anda bergeser terlalu ke kanan karena desakan orang banyak; maka batalkan saja putaran tersebut dan ulangi mulai dari Rukun Hajral Aswad.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Maaf!...Komentar harus sopan, mendidik/konstruktif, komentar yang berbau spam akan saya hapus!

Entri yang Diunggulkan

Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Pendekatan Saintifik

Sumber Gambar : www.referensiguru.com Adapun langkah operasional dari model pembelajaran discovery learning meliputi stimulation; pro...