Rangkuman PPKn K-2013 Perubahan 2016

Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Pendekatan Saintifik


Sumber Gambar : www.referensiguru.com
Adapun langkah operasional dari model pembelajaran discovery learning meliputi stimulation; problem statement; data collection; data processing; verification; generalization.
a.       Stimulation (stimulsi/pemberian rangsangan)
Pada tahap pertama ini seorang guru menyajikan permasalahan baik yang kerap terjadi di masyarakat atau direkayasa oleh guru itu sendiri.  Permasalahan ini akan memberikan kebingungan siswa dan jangan memberikan generalisasi.  Biarkan siswa menyelidiki sendiri.
Guru juga pada tahap ini melakukan pembelajaran dan megarahkan siswa untuk membaca buku sumber, mengali dari sumber lain, dan memberikan pertanyaan-pertanyaan yang mengarah kepada persiapan pemecahan masalah atau memancing siswa untuk menggali informasi pemecahan masalah.
Guru menyajikan gambar-gambar, siswa  disuruh membaca lembar informasi dari sumber belajar, internet, atau tayangan video.

b.      Problem Statement (Pernyataan/Identifikasi Masalah)
Pada tahap kedua ini guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengindentifikasi sebanyak meungkin permasalahan yang sesuai dengan topik pelajaran.  Setelah itu siswa diberi kesempaan untuk merumuskan satu permasalahan untuk dikaji sekaligus merumuskan hipotesis (jawaban sementara) atas permaslahan yang dipilih tersebut.  Tentu permaslahan tersebut berasal dari apa yang diamati/dikaji pada langkah pertama di atas.
c.       Data Collection (Pengumpulan Data)
Pada tahapan ini guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk untuk mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya yang relevan dengan rumusan masalah yang sudah ditetapkan ppada tahap kedua di atas.  Penggalian informasi dapat berupa membaca literatur, mengamati sesuatu objek, wawancara dengan narasumber, melakukan ujicoba, berdiskusi.  Pengumpulan informasi ini digunakan untuk mencari jawaban benar tidaknya hipotesis yang sudah dirumuskan pada tahap kedua.
d.      Data Processing ( Pengolahan Data)
Pada tahapan ini data yang sudah diperoleh pada tahap ketiga di atas diadakan penafsiran dan diolah, diklasifikasikan, diacak, ditabulasi, didiskusikan berbgai pendapat antar anggota kelompok untuk mendapatkan jawaban terhadap hipotesis.
e.       Verification (Pembuktian)
Para siswa atau anggota kelompok melakukan telaah ulang terhadap hasil kerja pada langkah keempat di atas sehingga diperoleh jawaban yang tepat dan benar.
Pada langkah Verificationini guru mengarahkan/memberikan kesempatan kepada siswa untuk menemukan suatu konsep baru atau pemahaman baru yang dikaitkan dengan contoh/permasalahan yang terjadi dalam kehidupan nyata tadi.
f.       Generalization (Menarik Kesimpulan/Generalisasi)
Pada tahapan ini adalah menarik kesimpulan yang dijadikan prinsip umum dan berlaku terhadap kejadian dan maslah yang sama.  Disinilah letak hasil penemuan melalui pebelajaran (Discovery Learning).
Kesimpulan ini agar dipresentasikan dan guru segera meluruskan apabila terjadi keslahan konsep.
       Discovery Learning dalam Pendekatan Saintifik
Pengintegrasian model pembelajaran Discovery Learning dengan pendekatan saintifik menurut Kirdanuri yang dimodifikasi ke dalam tabel oleh penulis agar lebih gampang untuk dipahami :

Langkah Discovery Learning
Deskripsi
Langkah Pendekatan Saintifik
Stimulation
Pengkajian lembar informasi misalnya :  membaca,  mengamati foto, gambar, video
Mengamati/
Observing
Problem Statement
Mengidentifikasi dan merumuuskan masalah dan menentukan hipotesis
Menanya/
Questioning
Data Collection
Mengumpulkan data melalui berbagai sumber untuk menemukan jawaban dari permasalahan yang sudah dirumuskan
Mencoba/
Eksplorasi/ Experimenting

Data Processing
Pengolahan data yang diperoleh kemudian diadakan penafsiran dan diskusi untuk menjawab hipotesis



Menalar/
Mengasosiasi/ Associating
Verification
Mengadakan telaah ulang terhadap hasil penafsiran dan hasil diskusi untuk memperolah jawaban yang tepat dan benar tehadap hipotesis
Generalization

Menyimpulkan dan mengkomuinkasikan
Networking/
Membuat Jejaring/
Mengkomunikasikan/
Menyimpulkan

Untuk Kurikulum 2013, contoh penerapan pendekatan saintifik sudah ada di dalam silabus dan buku guru masing-masing mata pelajaran, tinggal di pindahkan ke rencana pelaksanaan pembelajaran dan dilengkapi dengan materi, video, gambar, ilustrasi kasus-kasus, foto, grafik dan lainnya sesuai dengan muatan atau pesan dari materi yang dibahas.  Ingat dan lakukan sintaks-sintaks dalam setiap langkah-langkah saintifik  dan discovery learning di atas.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Maaf!...Komentar harus sopan, mendidik/konstruktif, komentar yang berbau spam akan saya hapus!

Entri yang Diunggulkan

Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Pendekatan Saintifik

Sumber Gambar : www.referensiguru.com Adapun langkah operasional dari model pembelajaran discovery learning meliputi stimulation; pro...