Rangkuman PPKn K-2013 Perubahan 2016

Merumuskan Tujuan Pembelajaran Dengan Benar dan Mudah


Sumber Gambar : www.resthoe.blogspot.com
Menurut Baker (1971) yang dikutip dari Rudi Susilana dan Cepi Riyana (2008) bahwa tujuan pembelajaran yang baik adalah mengandung unsur Adience, Behavior, Conditioning, Degree, biasanya unsur Conditioning(C) berada diawal kalimat tujuan, baru diikuti unsur yang lain.
Adapun penjelasan dari Formula Baker sebagai berikut :


A
Audience, artinya sasaran sebagai pembelajar yang perlu dijelaskan secara spesifik agar jelas untuk siapa tujuan tersebut diberikan. 
Misalnya: Siswa kelas V MI, Kelas IX MTs, Kelas XII MA, dan lainnya.


B
Behavior, adalah perilaku  spesifik yang diharapkan dilakukan atau dimunculkan siswa setelah pembelajaran berlangsung.  Behaviour ini dirumuskan dalam bentuk kata kerja operasional. 
Misalnya: Merinci, Membedakan, Mengidentifikasi, Mengklasifikasikan, dan lainnya.


C
Conditioning, yaitu keadaan yang harus dipenuhi atau dikerjakan siswa pada saat dilakukan pembelajaran. 
Misalnya: Dengan cara mengamati, Dengan berdiskusi, Dengan menyimak penjelasan guru, Dengan membaca buku sumber, Dengan menggunakan kamus, Dengan menggunakan internet, dan lainnya.


D
Degree, adalah batas minimal tingkat keberhasilan terendah yang harus dipenuhi dalam mencapai perilaku yang diharapkan.  Penentuan ini tergantung jenis materi, dan penting tidaknya materi. 
Misalnya: 3 contoh, 4 jenis, minimal 4 macam, dan lainnya.
Berikut ini adalah contoh-contoh rumusan tujuan pembelajaran yang memenuhi formula ABCDE:
1.      “Setelah mengkaji berbagai sumber belajar,siswa kelas XII MA dapat menguraikankembali proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara
Audience
Siswa kelas XII MA
Behavior
Menguraikan
Conditioning
Setelah mengkaji berbagai sumber belajar
Degree
Proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara

2.      “Setelah mengamati tayangan video, siswa kelas VII MTs dapat menjelaskan proses metamorfosis kupu-kupu”
Audiensce
Siswa kelas VII MTs
Behavior
Menjelaskan
Conditioning
Setelah mengamati tayangan video
Degree
Proses metamorfosis Kupu-kupu
3.      “Setelah mempelajari Peta Wilayah Indonesia, siswa kelas III MI dapat menyebutkan 5 pulau besar di Indonesia”
Audience
Siswa kelas III MI
Behavior
Menyebutkan
Conditioning
Setelah mempelajari Peta Wilayah Indonesia
Degree
5 pulau besar di Indonesia
Demikianlah kawan guru semuanya dimanapun berada, mudahan dengan membaca kiriman saya ini dapat memudahkan saudara dalam membuat Rencana Pelaksanaan Pebelajaran (RPP).  Bagi kawan yang sudah mahir, abaikan saja ulasan saya ini.

Share:

1 komentar:

Maaf!...Komentar harus sopan, mendidik/konstruktif, komentar yang berbau spam akan saya hapus!

Entri yang Diunggulkan

Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Pendekatan Saintifik

Sumber Gambar : www.referensiguru.com Adapun langkah operasional dari model pembelajaran discovery learning meliputi stimulation; pro...