Rangkuman PPKn K-2013 Perubahan 2016

Diabetes Militus

Anggapan yang salah bahwa penyebab diabetes militus (kencing manis) adalah keturunan semata.  Andil keturunan adalah 20% dan penyebab utama penyakit Diabetes Militus adalah pola hidup yang mengkonsumsi makanan yang berkalori tinggi, serat rendah, obesitas, jarang olahraga.
Diabetes militus adalah suatu kondisi terganggunya metabolisme glukosa sehingga kadar gula darah terus tinggi karena gangguan pada organ pankreas sehingga tidak menghasilkan insulin yang cukup atau tidak sama sekali.
Penderita Diabetes Mlilitus dati tahun ketahun meningkat, dan 350 juta orang diseluruh dunia dan 80 persen kematian akibat diabetes militus terjadi di negara-negara miskin dan berkembang.  Menurut WHO kematian akibat diabetes militus ini akan meningkat dua kali lipat anatar periode 2005-2030.
Diakatakan mengidap diabetes militus apabila kadar gula darah tidak puasa selalu >180mg/dl dan dalamm keadaan puasa >126 mg/dl.
Hindari maknan antaralain : mie, fasta, nasi dari beras putih (ganti dengan nasi beras merah, beras coklat), kopi, kentang, gorengan, roti putih, soda. Silahkan perbanyak makan buahan, sayuran, lauk pauk rendah karbihidrat misalnya daging sapi, ayam.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Maaf!...Komentar harus sopan, mendidik/konstruktif, komentar yang berbau spam akan saya hapus!

Entri yang Diunggulkan

Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Pendekatan Saintifik

Sumber Gambar : www.referensiguru.com Adapun langkah operasional dari model pembelajaran discovery learning meliputi stimulation; pro...