Rangkuman PPKn K-2013 Perubahan 2016

BAB 4 Hubungan & Organisasi Internasional (KB. 15)



Kegiatan Belajar 15 ( 2 x pertemuan )

BAB 4 HUBUNGAN DAN ORGANISASI INTERNASIONAL


Standar Kompetensi
4. Menganalisis hubungan internasional dan organisasi internasional
Kompetensi Dasar
4.4. Mengkaji peranan organisasi internasional (ASEAN dan PBB) dalam meningkatkan hubungan internasional.

A. Tujuan Kegiatan Pembelajaran :
1.     Mendeskripsikan pengertian organisasi internasional.
2.     Mengidentifikasi macam-macam organisasi internasional.
3.     Menguraikan peranan dan tujuan PBB.
4.     Mengidentifikasi alat perlengkapan PBB.
5.     Menjelaskan tujuan ASEAN.
6.     Menguraikan peran ASEAN bagi Indonesia.

B. Materi Pokok
    1. Pengertian Organisasi Internasional
    2. Macam-macam organisasi internasional
    3. Peranan dan tujuan PBB
    4. Tujuan ASEAN

C. Uraian Materi Pokok
     1. Pengertian organisasi internasional
           Adalah suatu istilah hubungan internasional yang menunjukkan kerjasama antar beberapa Negara.  Secara sederhana organisasi internasional dapat dimaknai sebagai badan hukum yang didirikan oleh dua atau lebih Negara yang merdeka dan berdaulat, memiliki kepentingan dan tujuan yang sama.  Boer Mauna, adalah suatu perhimpunan Negara-negara yang merdeka dan berdaulat yang bertujuan untuk mencapai kepentingan bersama melalui organ-organ dari perhimpunan itu sendiri.
2. Macam-macam organisasi internasional
     Terdapat dua kategori utama organisasi internasional, yaitu :
a.Organisasi antar pemerintah atau  IGO (inter-Governmental Organizations).  Contohnya : PBB, WTO (Word Trade Organization), ASEAN.
b. Organisasi non pemerintah atau  NGO (Non-Governmental Organizations). Contohnya : Palang Merah Internasional, UNHCR (pengungsi), Greenpeace, Oxpam Internasional, dll
3. Peranan dan tujuan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) :
             Berdiri pada tanggal 24 Oktober 1945 diprakarsai oleh 5 negara antara   lain Amerika serikat, Inggris, Rusia, Cina dan Prancis.  Kelima Negara      tersebut sekarang sebagai anggota tetap Dewan Keamanan PBB yang         memegang hak Veto yaitu hak untuk membatalkan atau memveto keputusan        dewan keamanan PBB.  Bahasa persidangan PBB adalah bahasa Arab,          Inggris, Prancis, mandarin. Rusia dan Spanyol. Dan Sekjen PBB sekarang      adalah Ban Kimon dari Korea Selatan.
·        Peranan PBB :
        PBB didirikan pada tanggal 24 Oktober 1945 untuk menciptakan perdamaian dunia dan mencegah terjadinya perang dunia ke tiga.  PBB satu-satunya lembaga dunia yang memiliki peran komprehensif dalam menangani berbagai permasalahan dunia.
        Peranan BB yanhg telah dilakukan selama ini banyak sekali seperti menyelesaikan sengketa Indonesia dengan belanda, Menyelesaikan konfrontasi antara Amerika serikat dengan Uni Soviet masalah penempatan peluru kendali, menyelesaikan konplik terusan Suez, meredakan krisis di Libanon, mencegah timbulnya star wars atau perang bintang, memberi bantuan ke Negara berkembang melalui badan khusus PBB, seperti ILO, WHO, FAO, UNESCO, UNICEF, mengesahkan secara resmi tentanh Hak Azasi Manuzia Sejagat pada tanggal 10 Desember 1948, menangani maslah kelaparan di Ethiopia, Afrika dan Somalia melalui FAO, dan membantu korban sunami di Aceh, Thailand, Srilanka, dll.
          Apalagi dalam kondisi dunia yang bergejolak saat ini peran dan fungsi PBB sangatlah dibutuhkan dalam penyelesaian sengketa secara damai.  Namun peran PBB saat ini dinilai tidak mampu menyelesaikan beberapa konplik di dunia seperti persoalan Israel-Palestina, Amerika serikat tetap mengadakan serangan ke Irak dan PBB dalam hal ini tidak dapat berbuat apa-apa selain tunduk pada Amerika serikat dan sekutunya, padahal AS dan sekutunya jelas-jelas melanggar  asas PBB yang ketiga yang bberbunyi “semua anggota harus menyelesaikan persengketaan-persengketaan internasional dengan jalan damai tanpa membahayakan perdamaian, keamanan, dan keadilan” dan melanggar asas PBB yang ke empat yang berbunyi “ dalam hubungan-hubungan internasional semua anggota harus menjauhi penggunaan ancaman atau kekerasan terhadap Negara lain”
        Melihat peristiwa di atas ternyata PBB tidak mampu memberikan sanksi kepada Amerika serikat dan sekutunya bila berbuat salah.  Namun bila Negara kecil berbuat salah PBB dengan cepat memberikan sanksi melalui resolosinya. Contohnya :  menjatuhkan sanksi embargo ekonomi bagi Irak di masa Presiden Saddam Husein,  Quba dengan Presiden Fidel Castro, Libya dengan presiden Muammar  Qaddafy.
·        Tujuan PBB :
1. Mememlihara perdamaian dan keamanan internasional
2.Mengembangkan hubungan-hubungan persaudaraan antara bangsa-bangsa.
3. Menciptakan kerjasama dalam memecahkan masalah internasional dalam bidang ekonomi, social budaya, dan hak azasi.
4. Menjadikan PBB sebagai pusat usaha dalam mewujudkan tujuan bersama cita-cita di atas.
·        Lembaga Perlengkapan PBB :
                        1. Majelis Umum (General Asembly) :
                Angotanya semua Negara anggota PBB.  Fungsinya sebgai forum untuk membahas masalah yang menjadi keprihatinan dunia.  Bersidang  setiap tahun.  Keputusannya tidak mengikat anggota PBB karena hanya bersifat rekomendasi namun berbobot karena merupakan hasil pandangan mayoritas Negara di dunia.
                   2. Dewan Keamanan PBB (Security Council) :
                                      Adalah badan PBB yang fungsinya memelihara atau mempertahankan perdamaian dan keamanan internasional.  Anggaotanya 15 negara yang terbagi menjadi 5 anggota tetap (Inggris, Prancis, Rusia, Cina, Amerika serikat) dan 10 negara anggota tidak tetap yang dipilih oleh Majelis Umum untuk masa jabatan 2 tahun.  Dewan ini memiliki hak Veto yaitu hak untuk memblokir atau menolak keputusan Dewan walaupun ke 14 anggota dewan yang lain menyetujui keputusan yag bersangkutan, namun bisa dibatalkan oleh 1 negara dari anggota Dewan tersebut.
                   3. Dewan Ekonomi dan Sosial (Economic and Social Council) :
                Anggotanya terdiri dari 54 negara dan setiap tahun dipilih 18 anggota baru oleh Majelis Umum PBB untuk masa jabatan 3 tahun.  Fungsi dewan ini adalah bertanggug jawab atas kegiatan social  PBB.  Bersidang setiap tahun selama satu bulan.  Dewan ini merekomendasi kepada majelis umum yang berkaitan dengan pembanguna ekonomi, masalah lingkungan dan Hak Asasi Manusia.  Badan ini mengkoordinir badan-badan seperti WHO (World Health Organization) oeganisasi kesehatan Dunia, ILO (International Labour Organization) organisasi Perburuhan Internasional, FAO (Food and Agriculture Organization) organiasai Pangan dan Pertanian, UNESCO (United Nations educational Scintific and Cultural Organization) Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan.  UNICEF (United Nations Shildren’s Fund) Dana Kanak-Kanak Perserikatan Bangsa-Bangsa yang memberikan bantuan untuk rencana-rencana kesejahteraan ibu dan anak di seluruh Negara di dunia.
                   4. Dewan Perwalian (Trusteeship Council) :
                                      Dewan ini bertugas menyelenggarakan pemerintahan dan melakukan pengawasan terhadap wilayah-wilayah yang masuk kategori trust teritories (wilayah perwalian).  Wilayah perewalian adalah wilayah bekas jajahan yang ditempatkan dalam satu system perwalian sebagai satu cara agar Negara-negara anggota bertanggung jawab atas wilayah tersebut (biasanya Negara bekas penjajahnya) dan menngkatkan kemajuan wilayah itu menuju kemerdekaannya. Contoh Negara Togo dan Kamerun, kepulauan Solomon adalah bekas jajahan Jerman.  Kemudian Negara bekas jajahan Turki seperti Jordania dan Palestina.  Negara yang terakhir yang mencapai kemerdekaannya pada Bulan November 1994 adalah Palau. Pada bulan Desember menjadi anggota PBB.
                                      
                   5. Mahkamah Internasional (International Court of Justice) :
                Adalah badan pengadilan internasional resmi dan tetap yang bertugas untuk memeriksa dan memutus perkara yang diajukan kepadanya.  Terdiri 15 hakim yang dipilih Majelis Umum berdasarkan kemampuan mereka dan bermarkas di Den Haag Belanda.
                                      Pihak yang dapat mengajukan perkara ke Mahkamah internasional :
                       1. Semua Negara yang berada di bawah Statuta (wilayah Kerja)            Mahkamah Internasional, Perkara apa saja.
                       2. Negara lain yang bukan statute Mahkamah  Internasioanl dengan     syarat yang telah ditetapkan.
                       3. Dewan Keamanan PBB.
                             Mahkamah Internasional selain mengadili perkara dapat juga memberikan nasihat hukum kepada majelis Umum, Dewan keamanan atas permohonan badan tersebut dan badan PBB lainnya.
                   6. Sekretariat (Secretariat) :
                Badan ini terdiri atas satu orang sekretaris Jenderal dan staf yang diperlukan.  Sekretaris Jenderal diangkat  oleh Majelis Umum atas usul Dewan Keamanan PBB.  Sekjen sekarang Ban Kimon dari Korea selatan.
4. Tujuan ASEAN :
                                    ASEAN (Association of South East Asian Nations) Atau Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara.  ASEAN di bentuk berdasarkan deklarasi Bangkok tanggal 8 Agustus 1967 yang ditandatangani 5 tokoh ASEAN yaitu Adam Malik (Indonesia), Tun Abdul Razak (Malaysia), Thanat Khoman (Muangthai), Rajaratnam (Singapura) dan Narciso R. Ramos (Filipina).  Sekarang jumlah anggotanya 10 negara yaitu ditambah dengan Brunai Darussalam, Vietnam, laos, Mnyanmar, dan Kamboja.
                   Disamping itu ada Forum Regional ASEAN (FRA) sejak tahun 1994, yaitu forum dialog tentang isu-isu keamanan di wilayah Asia Pasifik.  Terdiri 23 negara yaitu 10 negara ASEAN, Papua Nugini sebagai Peninjau dan 12 negara patner yaitu Kanada, Asustralia, India, Jepang, Selandia Baru Korea Selatan, Korea Utara, Federasi Rusia, RRC, Amerika Serikat,  Mngolia dan Uni Eropa.
·        Tujuan ASEAN :
1.     Memepercepat pertumbuhan ekonomi, sosial dan budaya di    asia tenggara.
2.     Meningkatkan perdamaian dan stabilitas regional dan saling menghormati.
3.     Meningkatkan kerjasama di bidang ekonomi, sosial budaya, tekhnik, pengetahuan dan administrasi.
4.     Saling memberi bantuan dalam bentuk sarana latihan dan penelitian.
5.     Bekerjasama dalam penggunaan pertanian dan industri, perbaikan tarap hidup rakyat.
6.     Membina kerjasama dengan organisasi dunia lainnya.
·        Struktur ASEAN :
                             Menurut KTT ASEAN di BALI 1976 , yaitu :
1.     ASEAN Summit, yaitu pertemuan para kepala pemerintahan se ASEAN.  Konferensi Tingkat Tinggi ini merupakan lembaga pembuat keputusan tertinggi dalam ASEAN.  Didahului dengan pertemuan para menteri ekonomi dan menteri luar negeri ASEAN.
2.     ASEAN Miniterial Meeting (AMM), yaitu sidang para menteri luar negeri ASEAN yang merumuskan garis kebijakan dan koordinasi kegiatan ASEAN.
3.     ASEAN Economic Ministers (AEM) adalah sidang para menteri ekonomi untuk meneruskan kebijakan yang telah dirumuskan.  Sidang ini 2 kali setahun.
4.     ASEAN Finance Meeting (AFMM) adalah sidang para menteri keuangan ASEAN merumuska kebijakan ASEAN di bidang keuangan.
5.     Other ASEAN Ministerial Meeting (OAMM) yaitu sidang para menteri non ekonomi merumuskan kebijakan selain ekonomi seperti pendidikan, kesehatan penerangan, sosbud, teknologi, ilmu pengetahuan, perburuhan.
6.     ASEAN Standing Committee (ASC) komisi tetap ASEAN dipimpin oleh menteri luar negeri dari Negara yang mendapat giliran manjadi Ketua yaitu tuan rumah dari sidang tahunan para menteri luar negeri ASEAN.
7.     ASEAN Secretariat yaitu sekretaris ASEAN  yang berfungsi untuk memprakarsai, memberi nasehat dan pertimbangan serta  mengkoordinasikan dan melaksanakan kegiatan-kegiatan ASEAN.
C. RANGKUMAN
1.  Menurut Boer Mauna, organisasi internasional adalah suatu perhimpunan Negara-negara yang merdeka dan berdaulat yang bertujua untuk mencapai kepentingan bersama melalui organ-organ dari perhimpunan itu sendiri.
2.  menurut Ekram Prawiroputro, organisasi internasional adalah suatu organisasi yang ruang gerak atau ruang lingkupnya meliputi beberapa Negara atau banyak Negara.
3.  Menurut Clive Archer, organisasi internasional  adalah suatu struktur formal dan berkelanjutan yang dibentuk atas suatu kesepakatan antar anggota-anggota (pemerintah dan non pemerintah ) dari dua atau lebih Negara berdaulat dengan tujuan mengejar kepentingan bersama para anggotanya.
4.  Macam organisasi internasional ada dua yaitu IGO (Inter Governmental Organization) dan NGO (Non Governmental Organization).
5.  Lembaga perlengkapan PBB adalah majelis umum, Dewan Keamanan, Dewan Ekonomi dan Sosial, Dewan Perwalian, Mahkamah internasional, dan Sekretariat Jenderal.
6.  Struktur ASEAN adalah ASEAN Summit, ASEAN Ministerial Meeting, ASEAN Economic Ministers, ASEAN Finance Meeting, Other ASEAN Ministerial Meeting, ASEAN Standing Committee, ASEAN Secvretariat.
D. GLOSARIUM
·        Di persona non grata    : tidak disenangi, diusir, dipiulangkan ke                                          Negara asal untuk seorang diplomat.        
·        Greenpeace                             : aktivis lingkungan
·        Embargo                       : penghentian, penghalangan
UJI KOMPETENSI
1.  Suatu badan hukum yang didirikan oleh dua atau lebih Negara yang merdeka dan berdaulat yang memiliki kepentingan dan tujuan yang sama, disebut …..
     a. Hubungan Internasional                         d. Perjanjian Internasional
     b. Organisasi Internasional                         e. Kesepakatan Internasional
     c. Kerjasama Internasional
2.  NGO (Non Governmental Organization), adalah organisasi non pemerintah, seperti ……………….
     a. PBB        b.  WTO        c. ASEAN                   d. Greenpeace         e. OPEC
3.  Yang tidak termasuk anggota tetap Dewan Keamanan PBB, adalah ………
     a. Amerika serikat                b. Jerman        c. Prancis     d. Inggris       e. Cina
4.  Badan PBB yang berfungsi memelihara atau mempertahankan perdamaian dan keamanan internasional, adalah ……………..
     a. Majelis Umum           c. Dewan Perwalian             e. Sekretaris Jenderal
     b. Dewan Keaman PBB d. Mahkamah Internasional
5.  Badan PBB yang khusus memberikan bantuan untuk rencana-rencana kesejahteraan ibu dan anak di seluruh dunia, adalah ………
     a.  WHO         b. UNICEF         c. UNESCO            d. ILO             e. FAO
6.  Wilayah perwalian PBB yangh teraklhir dan merdeka pada bukan November 1994 serta menjadi anggota PBB pada bulan Desember 1994 adalah ………
     a. Republik Marshal         c. Republik Palau                     e. Republik Togo
     b. republic Solomon         d. Kepulauan Mikronesia
7.  Sekretaris Jenderal PBB diangkat oleh Majelis Umum atas usul ………….
     a. Dewan Keamanan PBB                          d. Anggota PBB
     b. Mahklamah Internasional PBB              e. Dewan ekonomi dan Sosial
     c. Dewan Perwalian PBB
8.  ASEAN di prakarsai oleh lima Negara ASEAN, wakil dari Indonesia yang menandatangani Deklarasi Bangkok dalam rangka pembentukan ASEAN pada tanggal 8 Agustus 1967, adalah …….
     a. Adam Malik                                                  d. Drs. Hohamad Hatta
     b. Sri Sultan Hamengkubuwono IX                  e. Mr. Mohamad yamin, SH
     c. Ir. Soekarno
9.  Pertemuan tingkat tinggi ASEAN atau KTT ASEAN adalah pertemuan para kepala Negara anggota ASEAN adalah lembaga pembuat keputusan tertinggi ASEAN, disebut juga ………….
     a. ASEAN Ministerial Meeting                            d. ASEAN Finance Meeting
     b. ASEAN Economic ministers                            e. ASEAN standing Committee
     c. ASEAN Summit
10.         Pihak yang dapat mengajukan perkaranya ke Mahkamah Internasional, adalah ………………..
a.  Semua Negara yang berada di bawah statute (wilayah Kerja) Mahkamah   Internasional.
b.  Hanya Negara anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa saja.
c. Hanya Negara yang sedang dilanda perang.
d.  Hanya perkara yang menyangkut kejahatan perang internasional.
e.  Semua Negara yang berada di bawah statute (wilayah Kerja) Mahkamah   Internasional dan yang bukan stauta MI berdasarkan syarat tertentu.
Essay Test
1.  Uraiakan kembali peran PBB dalam menciptakan perdamaian dan keamanan internasional saat ini ( ingat konplik Israel –  Palestina, AS – Iraq, AS – Iran, dll).  Jelaskan menurut argumen kamu!
2.  Apakah yang dimaksud hak Veto?
3. Apakah penggunaan hak Veto saat ini sesuai dengan asas-asas PBB yaitu  diabdikan untuk kepentingan, keamanan, dan perdamaian dunia?
4.  Apa peranan  ASEAN khususnya bagai Negara di asia tenggara, termasuk   Indonesia ?
TUGAS MANDIRI

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Kegiatan
Waktu
Ket.
4. Menganalisis hubungan internasional dan organisasi internasional
4.4. Mengkaji peranan organisasi internasional ASEAN, PBB dalam meningkatkan hubungan internasional
Peran PBB dalam menciptakan keamanan internasional sekarang ini telah hilang.  Dewan Keamanan PBB tidak tegas bahkan lembaga PBB yang satu ini tunduk terhadap kepentingan atau kemauan Amerika Serikat terbukti PBB tidak dapat berbuat apapun terhadap Amerika serikat yang melakukan tindalan unilateral (sepihak) dalam menyerang Iraq, mengancam Iran, tidak selesainya konplik Israel-Palestina, dll


Paling labat sebelum pembahasan BAB 4 ini selesai
Tidak terstruktur

Diskusikan Di Pandu Guru: Guru membagi murid menjadi 2 kelompok yaitu kelompok pro PBB dalam menjalankan perannnya telah sesuai dan kontra PBB tidak menjalankan perannya sebagaimana mestinya.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Maaf!...Komentar harus sopan, mendidik/konstruktif, komentar yang berbau spam akan saya hapus!

Entri yang Diunggulkan

Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Pendekatan Saintifik

Sumber Gambar : www.referensiguru.com Adapun langkah operasional dari model pembelajaran discovery learning meliputi stimulation; pro...