Rangkuman PPKn K-2013 Perubahan 2016

BAB 4 DAMPAK GLOBALISI (KB.10)

Kegiatan Belajar 10 ( Semester Genap )
BAB 4 MENGEVALUASI DAMPAK GLOBALISASI
SK 4.  Mengevaluasi dampak globalisasi
·        KD 4.1.  Mendeskripsikan proses, aspek, dan dampak globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
                        
A. Tujuan  siswa diharapkan dapat :
1.     Mengemukakan proses dari globalisasi
2.     Mendeskripsikan aspek globalisasi
3.     Mendeskripsikan dampak globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
B. Materi pokok
1.     Proses globalisasi
2.     Aspek globalisasi
3.     Dampak-dampak globalisasi
C. Uraian materi pokok
1.     Proses  Globalisasi :
DIMULAI  PADA ERA KOLONIALISME
Dimulai sejak Vasco da Gama dan Christopher Columbus untuk berdagang namun sebagai awal menguasai dan menghisap kekayaan bangsa lain (kolonialisme) maka sudah tertanam benih-benih globalisasi



ERA KAPITALISME
Di samping kolonialisme berkembang juga paham kapitalisme oleh Adam Smith yaitu sistem ekonomi yang mengatur  proses produksi dan distribusi barang dan jasa.  Cirinya :
1.      Produksi dan distribusi barang dan jasa dimiliki individu
2.      Barang dan jasa itu diperdagangkan di pasar bebas (free market) dan bersifat kompetitif
3.      Uang dan kekayaan diinvestasikan untuk mendapatkan keuntungan




 
ERA PEMBANGUNAN
Pada era ini adanya pertumbuhan ekonomi nasional yang berpusat di negara sendiri.  Namun di era ini tidak bertahan dengan terjadi krisis ekonomi berkepanjangan maka dunia internasional masuk pada era globalisasi dengan menawarkan bantuan untuk mengatasi krisis ekonomi nasional dengan syarat yang menguntungkan negara/lembaga pemberi bantuan yaitu aktor ekonomi dunia seperti IMF. Bank Dunia, WTO.




ERA GLOBALISASI
Di era ini negara-negara didorong untuk menjadi bagian dari pertumbuhan ekonomi global.  Aktor utamanya bukan lagi negara sebagai mana di era pembangunan, melainkan perusahaan-perusahaan transnasional (Trannational Corporations, TNCs) dan bank-bank transnasional (Transnational Banks, TNBs), Bank Dunia (World Bank) dan IMF (International Monetary Fund) atau dana moneter internasional, WTO (World Trade Organization), APEC (Asia Fasific Economic Cooperation),  dan sebagainya





       Semua proses globalisasi digerakkan oleh idiologi neoliberalisme.  Ciri pokok    neoliberalisme adalah :
a)        Perusahaan swasta bebas dari campur tangan pemerintah ( buruh, harga, investasi)
b)       Hentikan subsidi negara kepada rakyat dan privatisasi perusahaan milik negara.
c)        Penghapusan idiologi kesejahteraan bersama dan pemilikan bersama karena itu menghalangi pertumbuhan.

   2.   Aspek-aspek  globalisasi :
           Aspek umum dari globalisasi adalah ditandai dengan kemajuan pesat di  tiga  aspek yaitu informasi, komunikasi, dan transportasi.  Dari tiga aspek ini akan timbul implikasi dari globalisasi di berbagai bidang kehidupan bangsa dan negara seperti politik, ekonomi, sosial, budaya, agama, IPTEK, hukum.
1.     Aspek informasi
Informasi yang didukung tekhnologi canggih semakin efisien dan efektif.  Contoh internet dapat menyajikan informasi seluruh dunia hanya dari layar komputer, jarak jauh menjadi dekat. Barang yang ditawarkan lewat internet, televisi lebih mudah dikenal konsumen.  Industri wisata suatu negara ditawarkan lewat media massa elektronik dan online sehingga meningkatkan arus wisatawan, pernyataan seseorang dengan cepat dapat disiarkan lewat radio, televisi dan internet.
2.     Aspek komunikasi
Komunikasi yang didukung tekhnologi canggih semakin efisien dan efektif.  Contoh : Telepon seluler atau  tanpa kabel dapat mengatasi jarak jauh menjadi dekat, dapat digunakan berkomunikasi antar warga suatu negara dengan warga negara lain yang saling berjauhan.
3.     Aspek transportasi
Transportasi semakin canggih membuat pekerjaan manusia semakin efektif, dengan pesawat super canggih, kereta api super cepat membuat jarak semakin dekat dan dapat menghubungkan warga suatu negara dengan negara lain dalam hitungan jam kita akan sampai ke negara lain.

3.     Dampak-dampak globalisasi
1)       Globalisasi politik :
             Menyangkut isu demokratisasi dan hak asasi manusia.  Kesadaran warganegara diberbagai belahan dunia untuk berartisipasi di bidang politik semakin meningkat, demikian halnya dengan HAM yaitu kemampuan dan kesadaran untuk menghargai HAM dan menegakkannya semakin tumbuh dimana-mana.      
2)       Globalisasi ekonomi :
             Merupakan pengintegrasian ekonomi nasional bangsa-bangsa ke dalam sistem ekonomi global baik yang menyangkut pasokan, permintaan transportasi, tenaga kerja, bahan mentah, distribusi serta pemasaran.  Globalisasi ekonomi menghendaki persaingan bebas melalui mekanisme pasar sehingga mekanisme pasar itulah yang menentukan apakah produk dari sebuah negara dapat bersaing atau tidak.  Pola ekonomi global inilah yang memunculkan  neoliberalisme.  Pasar dikuasai negara maju dan negara miskin semakin terpinggirkan sehingga menimbulkan kesenjangan ekonomi.  Oleh karena itu globalisasi ekonomi  jauh dari keadilan sosial, serta jauh dari kesejahteraan rakyat baik secara nasional maupun internasional.
3)       Globalisasi sosial budaya dan agama :
             Melalui Tv, film, musik menyebabkan pertemuan budaya-budaya dari berbagai Negara yang dapat menyebabkan  fusi atau peleburan menjadi budaya baru yang produktif. Globalisasi dapat membantu menegakkan kembali asal ususl etnis,membangkitkan tradisi dan landasan-landasan religius.  Tetapi globalisasi budaya juga dapat menimbulkan berbagai gaya hidup permisif yaitu  gaya hidup yang tidak perduli pada nilai moral dan etika.
                  Globalisasi dapat menyentuh agama-agama, terutama yang berkaitan dengan norma, nilai, dan makna agama. Di satu sisi dengan kemajuan informasi dan telekomunikasi dapat berakibat positif bagi agama-agama, misalnya, penyiaran nilai-nilai agama dan sebaliknya menyiarkan jauh dari nilai keagamaan serta dapat menimbulkan singkretisme atau mencari alternatif kepercayaan lainnya yang mereka yakini.
4)       Globalisasi hukum :
             Mengaburkan batas-batas kenegaraan dibidang hukum sehingga tidak ada lagi negara yang dapat mengklaim bahwa ia menganut sistem hukum nasional secara absolut.  Kini telah terjadi saling mempengaruhi antar sistem hukum, termasuk Indonesia. Contoh  Adanya aspirasi masyarakat yang menghendaki adanya perubahan dan keadilan.
5)       Globalisasi IPTEK :
             Masa depan adalah peradaban yang didominasi ilmu pengetahuan. IPTEK menjadi sumber kekuatan untuk mewujudkan kemakmuran.  Globalisasi IPTEK memunculkan kesadaran pentingnya pemanfaatan ilmu pengetahuan dan tekhnologi untuk mengolah potensi alam untuk kemaslahatan hidup orang banyak.  Seperti rekayasa genetika, kloning, perkembangan komputer, dan sebagainya.

Glosarium
·        Transkulturasi      : perubahan budaya
·        Privatisasi            : kepemilikan BUMN, saham perusahaan negara ke pihak asing
·        Kolonialisme        : Paham menduduki, menjajah
·        Neoliberalisme     : Kebebasan individu model baru, kurangi subsidi, rakyat                                    menderita dan negara pemberi hutang yang  makmur
·        Kapitalisme                   : Sistem perekonomian  yang menekankan kebebasan dalam
produksi, monpoli, alat produksi dipegang kapitalis atau pemodal, partikelir.
·        Investasi               : Penanaman modal, uang
·        Transnastional Corporations, TNCs : Perusahaan multinasional yang  pabriknya,                                     kantornya di berbagai negara
·        Kompetitif            : bersaing harga dan kualitas
·        Infrastruktur                  : perangkat lunak, sarana, peralatan
·        Efisien                  : hemat waktu, biaya, tenaga
·        Efektif                  : tepat guna, berhasil guna
·        Etnis                     : bersifat kesukuan, bersifat etnik
·        Sinkretisme           : perpaduan, keterpaduan, beberapa aliran agama jadi satu,                                           anggapan bahwa semua agama sama saja.
·        Permisif                : tidak tabu lagi
·        Ekanisme             : Sistem, cara bekerjanya



Rangkuman
          Proses globalisasi sudah dimulai di Eropa sejak Vasco da Gama dan Christopher  Columbus yang berdagang yang menjadi awal munculnya kehendak menguasai dan menghisap kekayaan bangsa lain yang disebut kolonialisme.
Bersamaan dengan itu tumbuh pula sistem kapitalisme oleh Adam Smith yang mengajarkan bahwa individu dapat mengatur produksi dan distribusi barang dan jasa sehingga muncul individualisme.
Proses selanjutnya adanya kekuatan ekonomi yang berpusat pada negara sendiri atau era pembangunan.  Era ini berakhir dengan munculnya krisis ekonomi yang mensengsarakan rakyat.  Kemudian masuk negara-negara sebagi penolong untuk keluar dari krisis dengan memenuhi syarat tertentu yang menguntungkan mereka sendiri dan menciptakan tatanan ekonomi global.  Aktor dari ekonomi global ini adalah WTO, IMF, Bank Dunia, dan sebagainya.  Ekonomi global ini bergerak berdasarkan ideology neoliberalisme.
          Aspek utama globalisasi adalah perkembangan yang sangat pesat dalam tiga bidang yaitu informasi, komunikasi, dan transportasi.  Akibat kemajuan ketiga aspek utama ini berakibat /berimplikasi kepada kehidupan bangsa dan negara baik politik, ekonomi, sosial, budaya, agama, hukum, IPTEK dan lainnya.

UJI KOMPETENSI ( I )

1.  Menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia  kata globalisasi berasal dari kata global yang berarrti ……..
a.     Interaksi antar negara                       d. Intraksi budaya antar bangsa
b.     Secara keseluruhan                           e. Secara Internasional
c.      Hubungan antar bangsa
2.  Benih-benih globalisasi sebenarnya telah dimulai saat ……
a.     Vasco da Gama                                                    d. Anthony Giddens
b.     Christopher Columbus                                         e. Kiichi Ohmae
c.      Vasco da Gama dan Christopher Columbus                 
3.  Dalam ekonomi global menerapkan sistem perekonomian kapitalisme yang dikembangkan oleh Adam Smith.  Salah satu ciri kapitalisme adalah ……..
a.     Sebagian besar produksi dan distribusi barang ditangan individu
b.     Ekonomi dunia dikuasai oleh WTO, Bank Dunia, dan IMF
c.      Negara hanya sebagai regulator ekonomi nasional
d.     Investasi langsung luar negeri
e.      Sistem keuangan global
4.  Globalisasi digerakkan oleh ideologi Neoliberalisme.  Salah satu ciri neoliberalisme ...
a.     Perusahaan asing dapat berkantor di berbagai negara
b.     Dstribusi barang dan jasa dapat dilakukan ke berbagai negara
c.      Hentikan subsidi negara kepada rakyat/privatisasi BUMN
d.     Ekonomi Negara digerakkan oleh demokrasi liberalisme
e.      Perusahaan nasional harus seizin WTO untuk produksi barang
5.     Pornografi, pornoaksi adalah salah satu dampak negatif globalisasi di bidang ……
a.     Hukum, politik, sosial dan budaya
b.     Agama, politik, sosial dan budaya
c.      Ekonomi, politik, sosial dan budaya
d.     Informasi, komunikasi, dan transportasi
e.      Informasi, komunikasi, dan sosial budaya
6.     Rekayasa genetika, pembangkit listrik tenaga nuklir, adalah sangat bermanfaat untuk orang banyak.  Adalah salah satu contoh globalisasi di bidang …
a.     Informasi                                 d. Sosial dan budaya
b.     Komunikasi                                      e. Ilmu pengetahuan dan tekhnologi
c.      Traspoprtasi  

UJI KOMPETENSI  ( II )
1. Uraikan secara singkat proses globalisasi!
    Jawaban :
      Benih-benih globalisasi dimulai  dari Eropa dengan penjelajahan Vasco da Gama dan Christopher Columbus untuk berdagang dan pada akhirnya menimbulkan kehendak menguasai dan menghisap kekayaan bangsa lain atau kolonialisme.  Kolonialisme didukung dengan tumbuhnya sistem kapitalisme oleh Adam Smith yaitu proses produksi dan distribusi barang dan jasa dapat diatur oleh individu.  Proses berikutnya timbul kekuatan ekonomi nasional yang berpusat pada negara sendiri atau era pembangunan namun berakhir dengan adanya krisis ekonomi yang menyeret mereka masuk ke tatanan ekonomi global yang dukuasai oleh aktor ekonomi global seperti WTO sampai sekarang.  Apapun kebijakan WTO maka negara harus ikut di dalamnya dalam mendukung ekonomi global itu dan era globalisasi.

2. Jelaskan 3 aspek utama globalisasi!
    Jawaban :
1.        Aspek informasi : Contoh internet dapat menyajikan informasi seluruh dunia hanya dari layar komputer, jarak jauh menjadi dekat. Barang yang ditawarkan lewat internet, televisi lebih mudah dikenal konsumen.  Industri wisata suatu negara ditawarkan lewat media online sehingga meningkatkan arus wisatawan.
2.        Aspek komunikasi :  Contoh telepon seluler atau  tanpa kabel dapat mengatasi jarak jauh menjadi dekat, dapat digunakan berkomunikasi antar warga suatu negara dengan warga negara lain yang saling berjauhan.
3.        Aspek transportasi : Transportasi semakin canggih membuat pekerjaan manusia semakin efektif, dengan pesawat super canggih, kereta api super cepat membuat jarak semakin dekat dan dapat menghubungkan warga suatu negara dengan negara lain dalam hitungan jam kita akan sampai ke negara lain.

TUGAS INDIVIDUAL

Uraian Kegiatan
Jawaban kamu
·       Mengamati perilaku dan gaya hidup  masyarakat sebagai tanda-tanda dari globalisasi!
·       Tampilkan yang positif maupun negative
Kunci jawaban siswa adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan :
·     Manfaat dari tekhnologi dan kerugian tehnologi
·     Gaya hidup konsumtif, glamor, permisif
·     Implikasi dibidang politik, hukum
·     Pergeseran tata nilai budaya, agama, dan lainnya






Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Maaf!...Komentar harus sopan, mendidik/konstruktif, komentar yang berbau spam akan saya hapus!

Entri yang Diunggulkan

Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Pendekatan Saintifik

Sumber Gambar : www.referensiguru.com Adapun langkah operasional dari model pembelajaran discovery learning meliputi stimulation; pro...