Rangkuman PPKn K-2013 Perubahan 2016

Kista (Jenis Kanker Jinak)

Kista adalah benjolan berisi cairan kental, atau nanah, atau udara, atau cairan lainnya,  ada pula yang berbentuk anggur yang ada di indung telur yang sangat ditakuti para wanita.  Kista adalah jenis tumor jinak yang terbungkus oleh selaput semacam jaringan.  Kumpulan sel-sel tumor itu terpisah dengan jaringan normal di sekitarnya dan tidak dapat menyebar ke  bagian tubuh lainnya.  Sehingga Kista ini tergolong tumor jinak dan relatif mudah untuk di angkat dengan jalan pembedahan serta tidak membahayakan kesehatan penderitanya.
Selain pada ovarium kista ini juga dapat tumbuh pada Vagina dan bagian Vulva yaitu bagian luar alat kelamin perempuan.  Kista yang tumbuh disekitar kelamin perempuan antara lain inklusi, duktus, gartner, endometriosis, dan adenosis.  Kista juga dapat dikatakan penyakit degeneratif atau keturunan.
Sebagain besar kista ovarium tidak memiliki gejala hanya sedikit nyeri dan ada pula kista yang berkembang dan menimbulkan nyeri yang luarbiasa.
Gejala yang umum untuk penderita kista ovarium adalah : Perut terasa penuh, berat, kembung, tekanan pada dubur dan kandung kemih, sulit buang air kecil, siklus haid tidak teratur, nyeri panggul yang menetap dan kambuhan dapat menyebar ke punggung bawah dan paha, nyeri saat bersetubuh, mual, muntah, dan pengerasan pada payudara mirip seperti saat hamil.
Bila anda mengalamai gejala tersebut maka segera konsultasi ke dokter.  
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Maaf!...Komentar harus sopan, mendidik/konstruktif, komentar yang berbau spam akan saya hapus!

Entri yang Diunggulkan

Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Pendekatan Saintifik

Sumber Gambar : www.referensiguru.com Adapun langkah operasional dari model pembelajaran discovery learning meliputi stimulation; pro...