Rangkuman PPKn K-2013 Perubahan 2016

Obat Herbal untuk Asma


Penyakit asma berasal dari bahasa Yunani yaitu asthma yang berarti sulit bernafas.  Gejala awal dari penyakit asma adalah adanya gejala sesak nafas, batuk dan mengi yang disebabkan adanya penyempitan
Dan penyumbatan pada pembuluh darah yang mengalirkan oksigen ke paru-paru dan rongga dada sehingga saluran udara menjadi terhambat. 
Umumnya seorang yang menderita sesak nafas atau asma bersifat sementara dan dapat sembuh seperti sediakala baik dengan atau tanpa bantuan obat.  Seranghan asma dapat dipicu oleh alergi atau non alergi.  Kasus asma yang dipicu oleh alergi mencapai 70 – 80 %.  Asma karena alergi disebabkan oleh alergi hawa dingin, alergi debu, alergi bulu hewan, alergi bau yang menyengat misalnya bau cabai yang digoreng atau sambal, atau zat kimia lainnya.
 Ada juga disebabkan oleh riwayat keluarga.  Jika salahsatu dari orangtua memiliki asma atau alergi rhinitis maka 50 % anada akan mendapatkan penyakit asma.  Dan jika kedua orangtua mengidap asma maka kemungkinan anda akan mengidap asma mencapai 75 %.
Selain keturunan asma juga disebabkan oleh polusi udara.  Penelitian menunjukkan bahwa orang yang tinggal di dekat jalan raya utama dan tempat tercemar lainnya lebih beresiko mendapatkan asma, dan 10 % penderita mendapatkan asma dari pekerjaan.  Kondisi ini disebut asma kerja. 
Kemudian ada asma yang disebabkan karena terkilir yaitu da organ dada yang salah kedudukan seperti otot dada yang muntir, ruas-ruas iga ada yang salah, ruas tulang belakang di dada ada yang salah.
Keluhan sesak nafas terus menerus, kadang bersamaan dengan bersin, hidung sering tersumbat, badan lemas, susah tidur, dan wajah pucat.

Pengobatan herbal untuk asma :
·         Kencur segenggam tangan
·         Air hangat ½ gelas
·         Jeruk nipis 1 buah
·         Madu 2 sendok makan
Cara membuat :
·         Kencur dikupas, dicuci, lalu diparut
·         Parutan kencur diperas dengan air hangat yang ½ gelas
·         Perasan jeruk nipis dan madu dicampurkan sekaligus.  Minum pagi dan sore.  Buat lagi menjelang sorenya untuk diminum menjelang tidur.  Lakukan hal yang sama selama 15 hari.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Maaf!...Komentar harus sopan, mendidik/konstruktif, komentar yang berbau spam akan saya hapus!

Entri yang Diunggulkan

Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Pendekatan Saintifik

Sumber Gambar : www.referensiguru.com Adapun langkah operasional dari model pembelajaran discovery learning meliputi stimulation; pro...