Rangkuman PPKn K-2013 Perubahan 2016

Obat Herbal Hipertensi (Tekanan Darah Tinggi)

Penyakit huipertensi sering datang secara tiba-tiba tanpa gejala apapun bahkan pada orang yang tampak sehat sekalipun.  Pola makan yang tidak sehat dan gaya hidup yang tidak teratur dapat memicu munculnya penyakit darah tinggi atau hipertensi.  Penyakit darah tinggi banyak diderita masyarakat masa kini tanpa mengenal usia.
Nilai normal tekanan darah seseorang secara umum adalah 120/80 mmHG dan dikatakan hipertensi atau tekanan darahnya tinggi apabila > 120/80 mmHG.
http://asianbrainhippo.com/wp-content/uploads/2012/04/laporan-pendahuluan-askep-hipertensi.jpg
Sumber tabel : http://asianbrainhippo.com
Dalam aktivitas seehari-hari tekanan darah normalnya dengan nilai angka kisaran stabil di atas.  Tetapi secara umum, angka pemeriksaan tekanan darah menurun saat tidur dan meningkat di saat beraktivitas atau berolahraga.  Namun tekanan darah yang terus menerus tinggi akan menyebabkan jantung seseorang bekerja extra keras yang menyebabkan terjadinya kerusakan pada pembuluh darah jantung, ginjal, otak dan mata.  Penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan penyebab umum terjadinya stroke, serangan jantung, dan gagal ginjal.
Gejala hipertensi : kepala terus pusing dan terasa berat, leher bagian belakang terasa kaku, pegal-pegal dan pusing, mudah marah dan sulit tidur, jantung sering berdebar, mata dan raut muka merah.
Pantangan penderita hipertensi : daging kambing, merokok, kopi, buah yang mengandung alkohol seperti durian, nanas, nangka, kelengkeng, makanan terasa asin seperti telur, ikan asin, bandeng, sayuran asin, dan makannan yang berkoresterol tinggi.
Ramuan herbal untuk mengatasi hipertensi adalah ambil daun segenggam daunseladri kemudian ditumbuk halus setelah itu campurkan dengan air dingin yang sudah matang.  Peras dan saring lalu diminum.
Ramuan lain yang dapat dipakai untuk mengobati hipertensi adalah : ambil 21 lembar daun alpukat dan rebus menggunakan air 9 gelas hingga tersisa sekitar 3 gelas.  Minum pagi, siang, dan sore hari.  gunakan lauk mentimun, seladri sekitar 1 minggu.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Maaf!...Komentar harus sopan, mendidik/konstruktif, komentar yang berbau spam akan saya hapus!

Entri yang Diunggulkan

Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Pendekatan Saintifik

Sumber Gambar : www.referensiguru.com Adapun langkah operasional dari model pembelajaran discovery learning meliputi stimulation; pro...