Rangkuman PPKn K-2013 Perubahan 2016

Mengobati Penyakit Eksim


Eksim atau dermatitis adalah kelainan kulit yang tampak meradang dan iritasi yang biasanya menyerang kaki, tangan, daerah lipatan tubuh seperti  sela paha, belakang lutut, daerah sekitar leher, pergelangan tangan.  Penyakit eksim terjadi secara berulang-ulang atau sering kambuh maka hindari bahan-bahan yang menyebabkan alergi  dan bakteri.
Gejala atau tanda-tanda penyakit eksim ini adalah rasa panas dan dingin yang berlebihan pada bagian kulit yang terkena eksim.  Rasa gatal terutama pada malam hari.  Tampak adanya lepuhan-lepuhan  dan kulit bersisik yang keras pada permukaan kulit yang disertai pembengkakan.
Eksim cepat menular terhadap kulit lainnya.


Eksim dibedakan menjadi dua macam, yaitu eksim kering dan eksim basah.  Eksim kering akan tampak pada kulitnya kering, bersisik kemerah-merahan, terkadang bengkak dan gatal.  sedangkan untuk eksim basah maka kulit akan tampak merah, melepuh, bengkak, dan basah, timbul bintik-bintik yang mengandung air atau nanah yang menimbulkan rasa gatal.
Eksim basah
Ramuan herbal untuk penyakit eksim adalah :
Gunakan ubi kayu yang beracun yaitu ubi kayu yang terasa pahit miksalnya ketela petruk, gedruwo, dan ketela jawa.
Caranya :
Kupas ubi kayu lalu parut.  Kalau mau tidur tempelkan parutan ubi kayu tersebut pada kulit atau daerah yang terkena eksim hingga merata, kemudian balut dengan kain hingga kuat agar tidak rontok.  Pagi hari lepas balutan tersebut.  Lakukan selama satu minggu.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Maaf!...Komentar harus sopan, mendidik/konstruktif, komentar yang berbau spam akan saya hapus!

Entri yang Diunggulkan

Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Pendekatan Saintifik

Sumber Gambar : www.referensiguru.com Adapun langkah operasional dari model pembelajaran discovery learning meliputi stimulation; pro...