Rangkuman PPKn K-2013 Perubahan 2016

Bahaya Kolesterol Tinggi

Koresterol tinggi berkaitan erat dengan serangan jantung sebab serangan jantung terjadi akibat tersumbatnya pembuluh darah.  Pada pembuluh darah tersumbat oleh lemak terutama koresterol dan trigliserida.  Kolesterol tinggi sering disebut sebagai penyebab penyakit jantung dan pembuluh darah.  Serangan jantung adalah kondisi dimana terjadi sidera atau kematian sebagian sel-sel otot jantung akibat terhentinya suplai oksigen dan zat makanan karena terjadi penyumbatan menyeluruh pada pembuluh arteri koroner yang berfungsi memberikan oksigen dan zat makanan ke sel-sel otot jantung.
Gejala spesifik dari serangan jantung adalah nyeri pada dada yang berlangsung lebih dari 30 menit, sesak napas, keringat dingin, jantung berebar-debar, pusing dan pingsan, merasa lemah dan lelah.
Yang biasanya berisiko terkena serangan jantung yang memiliki riwayat keluarga berpenyakit jantung, usia di atas 50 tahun pria lebih berisiko terkena serangan jantung, sedangkan pada usia lebih dari 70 tahun antara pria dan wanita memiliki resiko terkena serangan jantung sama kuat. Untuk penderita diabetes, hipertensi, kolesterol memiliki risiko besar terkena serangan jantung, kegemukan atau obesitas, perokok, pecandu alkohol dan pecandu narkoba memiliki risiko besar terkena serangan jantung.
Untuk menjaga tidak terjadi serangan jantung ini adalah dengan menjaga tekanan darah , menjaga kadar gula darah dan klesterol dalam rentang normal  mengendalikan berat badan dalam keadaan normal,olah raga yang teratur atau fitnees, berjalan kaki atau bersepeda setiap hari selama 30 menit, refreshing untuk mengurangi stress, berhenti merokok, kurangi mengkonsumsi kuning telur, daging dan makanan yang digoreng, perbanyak mengkonsumsi buah dan sayuran, rutin periksa tekanan darah anda.


Kadar Kolesterol :
Sehat / Normal
Kadar kelsterol   < 200 mg/dl
Khawatir / Batas tinggi
Kadar koesterol   200 – 239 mg/dl
Buruk / Tinggi
Kadar kolesterol   240 mg/dl
Kadar Trigliserida :
Sehat / Normal
 < 50 mg/dl
Ambang Tinggi
 150 - 199 mg/dl
Buruk / Tinggi
200 - 499 mg/dl
Sangat Buruk / Sangat Tinggi
500 mg/dl

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Maaf!...Komentar harus sopan, mendidik/konstruktif, komentar yang berbau spam akan saya hapus!

Entri yang Diunggulkan

Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Pendekatan Saintifik

Sumber Gambar : www.referensiguru.com Adapun langkah operasional dari model pembelajaran discovery learning meliputi stimulation; pro...