Home » » BAB 1 Budaya Politik (Kegiatan Belajar 1)

BAB 1 Budaya Politik (Kegiatan Belajar 1)

 Kegiatan Belajar 1 ( Semester Ganjil )

BAB 1  BUDAYA POLITIK DI INDONESIA
SK 1.   Menganalisis budaya politik di Indonesia.
KD   1.1 Mendeskripsikan pengertian budaya politik

A. TUJUAN KEGIATAN  PEMBELAJARAN
1.     Mendeskripsikan pengertian budaya politik
2.     Mengidentifikasi ciri-ciri budaya politik
3.     Mendeskripsikan macam-macam budaya politik
4.     Menjelaskan faktor-faktor penyebab berkembangnya budaya politik di daerahnya
5.     Mengidentifikasi perkembangan budaya politik
6.     Menyimpulkan budaya politik yang berkembang di masyarakat

B. MATERI POKOK
1.     Pengertian budaya politik.
2.     Ciri-ciri budaya politik
3.     Macam-macam budaya politik
4.     Faktor penyebab berkembangnya budaya politik suatu daerah.
5.     Perkembangan budaya politik
6.     Budaya politik yang berkembang dalam masyarakat.

C. URAIAN MATERI POKOK
1.     Pengertian Budaya politik :
Budaya politik merupakan sistem nilai dan keyakinan yang dimiliki bersama oleh masyarakat, bangsa, dan Negara yang diyakini sebagai pedoman dalam melaksanakan aktivitas-aktivitas politik kenegaraan.
Definisi budaya politik menurut para ahli :
a.     Gabriel Abraham Almond dan Sidney Verba, adalah suatu sikap orientasi yang khas dari warga Negara terhadap system politik dengan aneka ragam bagiannya dan sikap terhadap peranan warga Negara yang ada dalam sistem itu.
b.     Sidney Verba, adalah suatu sistem kepercayaan empirik, simbol-simbol ekpresif, dan nilai-nilai yang menegaskan suatu situasi dimana tindakan politik dilakukan.
              Jadi budaya politik menunjuk kepada orientasi dan tingkah laku individu / masyarakat terhadap sistem politik.  Menurut Almond dan powell, orientasi individu terhadap sistem politik dapat dilihat dari tiga komponen, yaitu orientasi kognitif,  afektif, dan evaluative.
Orientasi kognitif meliputi pengetahuan dan keyakinan tentang sistem politik.  Misalnya tokoh-tokoh pemerintahan, kebijakan yang mereka ambil, simbol-simbol sistem politik seperti, ibukota Negara, lambang Negara, kepala Negara, batas Negara, mata uang, dan sebagainya.
Orientasi afektif menunjuk pada aspek perasaan atau ikatan emosional seorang individu terhadap sistem politik, sehingga seorang dapat menerima atau menolak sistem politik tertentu.
Orientasi evaluative yaitu penilaian moral seseorang terhadap sistem politik berdasarkan norma-norma yang dianut dan sepakati bersama tentang tentang kinerja suatu sistem.
Kesimpulannya adalah : ketiga aspek di atas adalah satu kesatuan, misalnya untuk dapat menilai seorang pemimpin, maka seseorang warga Negara harus memiliki pengetahuan yang memadai tentang si pemimpin.  Pengetahuan seseorang terhadap suatu simbol politik sering mempengaruhi perasaan seseorang terhadap sistem politik secara keseluruhan untuk menerima atau menolaknya.
2.     Ciri-ciri budaya politik :
            Menurut Prof. Affan Gaffar, budaya politik Indonesia memiliki tiga ciri dominan, yaitu :
a. Hirarki yang tegar atau ketat, yaitu adanya pemilahan yang tegas antara penguasa dengan rakyat kebanyakan (rakyat kecil) dengan tatanan hirarkis yang sangat ketat.  Tata cara dan alam pikiran serta sopan santun dieskpresikan sesuai dengan asal usul atau kelas masing-masing.  Misalnya penguasa dapat menggunakan kata kasar pada rakyat kebanyakan tetapi rakyat kebanyakan harus dengan ekspresi bahasa yang  halus.
b. Kecendrungan Patronage, menurut James Scott hubungan macam ini disebut sebagai pola hubungan patron- client yaitu pola hubungan individual antara dua individu yaitu si Patron dan si Client.   Hubungan ini akan langgeng selama      keduanya memiliki kemampuan atau sumber daya yang akan dipertukarkan dan akan berhenti bila antara ke duanya atau salah satunya tidak lagi memiliki sumber daya atau kemampuan. Patron atau si bos biasanya memiliki lebih banyak kemampuan seperti perlindungan, kasih sayang, kesejahteraan, keamanan sedangkan si client atau anak buah atau buruh biasanya hanya memiliki kesetiaan atau loyalitas serta tenaga untuk di berikan kepada si Patron.  Bila hubungan ini berakhir maka keduanya akan mencari dan mungkin akan menjadi patron atau client yang baru.
c.  Kecenderungan Neo-Patrimonialistik :
          Karakteristik Negara neo-patrimonialistik :
1)       Kecendrungan untuk mempertukarkan sumber daya yang dimiliki penguasa dengan teman-temannya.
2)       Kebijakan lebih bersifat partikuleristik daripada bersifat universalistik.
3)       Rule of law  atau penegakan hukum lebih bersifat rule of man atau kekuasaan penguasa.
4)       Penguasa politik sering mengaburkan antara kepentingan pribadi dengan kepentingan publik atau umum.
      Contoh budaya neo-patrimonialistik :
·        Promosi jabatan yang tidak mengikuti prosedur baku.
·        Anak pejabat menjadi pengusaha besar karena jabatan orang tuanya.
·        Anak pejabat menempati posisi strategis dalam politik sebab proses rekrutmen politik yang tidak terbuka.
·        Anak pejabat dengan cepat dapat proyek tanpa tender
3.     Macam-macam budaya politik :
a.     Budaya politik tradisional adalah budaya politik yang mengedepankan satu budaya dari etnis tertentu yang ada di Indonesia. Contoh “Paham Masyarakat Jawa” di masa orde baru
b.     Budaya politik Islam adalah budaya politik yang lebih mendasarkan idenya pada satu keyakinan dan nilai agama tertentu, yaitu agama islam biasanya dipelopori oleh kelompok santri.  Masyarakat santri dikelompokkan menjadi dua, yaitu kelompok tradisional (NU) dan modern (Organisasi Muhammadiyah). 
c.      Budaya politik modern : adalah budaya politik yang mencoba meninggalkan karakter etnis tertentu dan agama tertentu. Dalam budaya politik modern terdapat subbudaya, seperti kelompok birokrat, intelektual, dan militer. 
d.     Budaya politik abangan, yaitu budaya politik yang menekankan aspek-aspek  animisme, termasuk para petani
e.      Budaya politik santri, adalah yaitu politik  yang menekankan aspek-aspek keagamaan, khususnya agama islam.  Pekerjaan mereka biasanya pedagang.  Masa lalu mereka berafiliasi pada NU dan Masyumi.  Sekarang pada PKS, PKB, PPP
f.       Budaya politik Priyayi, yaitu budaya politik masyarakat yang menekankan keluhuran tradisi, masyarakat priyayi adalah masyarakat kelas atas atau kelompok aristokrat dan birokrat seperti   para pegawai        pemerintah, pada masa lalu mereka berafiliasi dengan partai PNI dan sekarang pada partai golkar.
g.     Menurut Herbert Feith, Indonesia memiliki dua budaya politik yang dominan yaitu aristokrasi Jawa (kaum ningrat Jawa ) dan wiraswasta islam (pengusaha yang beragama Islam)

4.     Faktor penyebab berkembangnya budaya politik suatu daerah :
a.     Tingkat pendidikan warga Negara.
b.     Tingkat ekonomi, semakin sejahtera rakyat maka semakin tinggi tingkat partisipasi politiknya.
c.      Reformasi politik (political Will), yaitu semangat merevisi dan mengadopsi sistem politik yang lebih baik.
d.     Supremasi hukum, yaitu adanya penegakan hukum yang adil, independen.
e.      Media massa yang independen sebagai kontrol sosial, bebas, dan mandiri.
5.     Perkembangan budaya politik :
          Perkembangan budaya politik tidak lepas dari kemajuan sistem demokrasi.  Dengan bergulirnya reformasi dan menuntut sistem demokrasi terbuka dan kebebasan mengeluarkan pendapat bagi warga negara yang sebelumnya ditekan pada zaman orde baru menciptakan iklim demokrasi yang bebas sehingga partai politik tumbuh bagaikan jamur di musim hujan.  Pada awal-awal reformasi  jumlah partai politik yang memenuhi syarat dan mengikuti pemilihan umum pada pemilu 1999 sebanyak 48 partai politik yaitu 15 kali lipat  jika  dibandingkan  dengan jumlah partai politik pada zaman orde baru hanya 3 partai politik yang boleh ada.
          Perkembangan azas partai juga mengalami kebebasan yang sebelumnya hanya berasas tunggal Pancasila di zaman orde baru berkembang menjadi disamping asas tunggal Pancasila partai politik juga boleh beraliran islam, nasionalis, dan moderen.

6.     Budaya politik yang berkembang dalam masyarakat :
          Budaya politik yang berkembang di masyarakat Indonesia saat ini adalah budaya politik islam dan budaya politik moderen.
          Pada konstelasi politik Indonesia saat ini budaya politik islam terlihat dengan adanya Partai Keadilan Sejahtera, Partai Persatuan Pembangunan, Partai Amanat Nasional dengan Muhammadiyah, Partai Kebangkitan Bangsa dengan Nahdatul Ulama, Partai Bulan Bintang.  Sedangkan untuk budaya politik modern dapat dilihat dengan adanya partai Nasional Demokrat, Partai Demokrat, Partai Hati Nurani Rakyat, Partai Indonesia Raya.

GLOSARIUM
·        Orientasi              : peninjauan, hal mencari pedoman
·        Kognitif                : berfikir dan mengerti, bersifat pengetahuan
·        Afektif                  : berkenaan dengan perasaan, sikap
·        Evaluatif              : penaksiran, penilaian, perkiraan keadaan,                                                             penentuan nilai
·        Patronage             : lindungan, perlindungan, suaka
·        Neo-patrimonialistik      : pengambilan keputusan dan kebijakan atas                                                         kehendak  penguasa tanpa melibatkan rakyat.
·        Abangan               : aliran islam yang mempunyai sifat lunak terhadap adat -                                   istiadat lama masyarakat jawa.
·        Santri                             : murid pesantren, calon rohaniawan
·        Priyayi                 : masyarakat kelas atas (birokrat, bangsawan)
·        Aristokrasi Jawa  : system politik yang dijalankan oleh kaum ningrat jawa
·        Wiraswasta Islam : pengusaha Islam
·        Birokrat               : pelaksana  birokrasi
·        Birokrasi              : organisasi pemerintahan yang dijalankan
·        Partikuleristik      : mengutamakan kepentingan pribadi
·        Universalistik       : bersifat umum
·        Rekrutmen           : mencalonkan, mengambil calon, kader
·        Animisme             : semua alam atau benda mati ini memiliki roh atau jiwa.
·        Afiliasi/berafiliasi : kerjasama/gabungan
·        Rule of man                   : kekuasaan penguasa
·        Patron- client        : hubungan antara penguasa/bos dengan anak buah atau                                      rakyat.

RANGKUMAN
1.     Budaya politik menunjuk pada orientasi tingkah laku individu dan masyarakat terhadap system politik tertentu yang meliputi orientasi kognitif, afektif dan evaluative.
2.     Faktor yang menyebabkan berkembangnya politik suatu daerah antara lain tingkat pendidikan masyarakat, tingkat ekonomi, reformasi politik, supremasi hukum, dan media komunikasi sebagai kontrol sosial.
3.     Di lihat dari gaya berpolitik, maka tipe budaya politik yang berkembang di masyarakat adalah budaya politik tradisional, budaya politik islam, budaya politik modern.
4.     Menurut Clifford Geertz, politik yang berkembang di masyarakat adalah budaya politik abangan, budaya politik santri, dan budaya politik priyayi.
5.     Menurut Herbert Feith, budaya politik Indonesia yang dominan adalah budaya politik aristokrasi jawa dan wiraswasta islam.
6.     Menurut Prof. Affan Gaffar, budaya politik Indonesia memiliki tiga ciri dominan, yaitu hirarki yang tegar dan ketat, kecenderungan patronage, dan kecenderungan neo-patrimonialistik.
7.     Budaya politik yang berkembang di masyarakat Indonesia tidak dapat diklasifikasikan secara terpisah, namun yang terjadi di masyarakat itndonesia adalah gabungan antara budaya politik parochial, kaula, dan partisipan.

UJI KOMPETENSI

1.     Sistem nilai dan keyakinan yang dimiliki bersama oleh masyarakat, bangsa dan Negara yang diyakini sebagai pedoman dalam melaksanakan aktivitas-aktivitas politik kenegaraan, adalah pengertian dari …………..
a. Budaya politik            c. Sosialisasi politik       e. Indoktrinisasi politik
b. Partisipasi politik      d. Pendidikan politik
2.  Suatu sikap orientasi yang khas dari warga Negara terhadap system politik dengan aneka ragam bagiannya dan sikap terhadap peranan warga Negara yang ada di system itu, pengertian budaya politik yang dikemukakan ……..
     a. Sidney Verba dan Gabriel A. Almond               d. Rusadi Sumintapura
     b. Gabriel A. Almond                                           e. Samuel Beer
     c. Austin Ranny
3.  Suatu system kepercayaan empirik, symbol-simbol empirik, dan nilai-nilai yang menegaskan suatu situasi dimana tindakan politik dilakukan adalah budaya politik menurut ……………
     a. Sidney Verba                        c. Austin Ranny                   e. Samuel Beer
     b. Gabriel A. Almond              d. Rusadi Sumintapura
4.  Berbagai pengetahuan dan keyakinan seseorang yang meliputi jalannya system politik, pengetahuannya tentang symbol-symbol politik, tokoh-tokoh pemerintahan, merupakan orientasi individu yang bersifat …………..
     a. Afektif       b. Cognitif                 c. Evaluatif       d. Konstruktif      e. Efektif
5.  Bergabungnya seseorang dengan partai politik tertentu, atau seseorang memilih partai politik tertentu berdasarkan keyakinan dan perasaan hati sanubarinya tanpa paksaan dari luar, adalah contoh dari orientasi …………..
     a. Afektif         b. Cognitif                 c. Evaluatif       d. Konstruktif      e. Efektif
6.  Penilaian moral seseorang terhadap system politik dan komitmennya terhadap nilai-nilai  dan pertimbangan politik berdasarkan norma yang dianut dan sepakati bersama, adalah orientasi individu yang bersifat ……..
     a. Afektif       b. Cognitif                 c. Evaluatif       d. Konstruktif      e. Efektif
7.  Di bawah ini merupakan faktor penyebab berkembangnya budaya politik suatu daerah, kecuali ……………
     a. Pendidikan                 c. Supremasi hukum            e. Reformasi politik
     b. Ekonomi                    d. Adat setempat  
8.  System politik Orde Baru kental dengan Paham Masyarakat Jawa yang mendominasi pemerintahannya, berarti mengedepankan satu budaya etnik tertentu. Gaya berpolitik seperti itu dikategorikan ke dalam budaya politik…
     a. Neo-patrimonialistik  c. Tradisional                          e. Aristokrasi Jawa
     b. Priyayi                       d. Hirarki yang tegar dan ketat
9.  NU, Muhammadiya salah satu contoh dari budaya politik …….
     a. Wiraswasta Islam                c. Tradisional                          e. Moderen
     b. Priyayi                                 d. Islam      
10.Budaya politik yang mencoba meninggalkan karakter etnis tertentu dan agama tertentu disebut budaya politik …………
     a. Wiraswasta Islam                c. Tradisional                          e. Moderen
     b. Priyayi                                 d. Islam
11.         Menurut Herbert Feith Indonesia memiliki dua budaya politik yang dominan, yaitu …………
     a. Tradisional dan islam                              d. Primordial dan patrimonialistik
     b. Santri, dan priyayi                        e.Patronage dan neo-patrimonialistik
     c. Aristokrasi jawa, wiraswasta Islam
12.         Menurut Prof. Affan Gaffar, ada tiga ciri dominan budaya politik Indonesia, yaitu …………..
     a. Tradisional, islam, dan modern
     b. Abangan, santri, dan priyayi
     c. Aristokrasi jawa, wiraswasta Islam, dan paternalistik
     d. Primordial, kesukuan, dan patrimonialistik
     e. Hiraki yang tegar dan ketat, patronage, dan neo-patrimonialistik
13.         Si A adalah anak gubernur, sia A adalah kontraktor, dalam mendapatkan proyek si A tidak perlu melalui tender cukup intruksi dari bapaknya yaitu si gubernur.  Ilustrasi cerita di atas menggambarkan ciri budaya ……….
     a. Matrilineal                                     d. Kecenderungan patronage
     b. Neo-patrimonialistik                      e. Hirarki yang tegar dan ketat
     c. Moderen
14.         Pemilahan yang tegas antara penguasa dan rakyat kebanyakan dimana sopan santun dam alam pikiran disesuaikan dengan asal usul dan kelas dari mana ia berasal.  Misalnya seseorang penguasa dapat menggunakan kata kasar sementara rakyat kebanyakan harus dengan ekspresi bahasa yang halus.  Hal tersebut termasuk ciri budaya ……………
     a. Hiraki yang tegar dan ketat                              d. Peodalisme
     b. Kecenderungan patronage                                e. Tradisional
     c. Kecendrungan Neo-patrimonialistik

TUGAS MANDIRI


Uraian


Jawaban

Analisa dan berikan kesimpulan menurut pendapat kamu budaya politik apakah yang berkembang di daerahmu


Kata kunci jawaban siswa adalah beraliran islam, modern, atau  nasionalis













Print Halaman Ini dan kirim komentarnya kawan...Terima Kasih
 
    




Share this article :

+ komentar + 59 komentar

Anonim
Agustus 05, 2010 6.15 AM

THx

Anonim
April 03, 2011 6.06 AM

memudahkan saya menambah materi PKN...
materinya lengkap, bagus! thanks.

Anonim
Agustus 25, 2011 8.33 AM

thanks ..

Anonim
September 11, 2011 7.52 AM

syukron jazilan akh ..

Anonim
September 21, 2011 5.10 AM

makasih banyak buat materinya. sangat membantu.

September 28, 2011 3.57 AM

Huaaaa di buku saya nggak lengkap nich. Materi yang ini bantu saya buat belajar lebih banyak lagi....

Anonim
Oktober 11, 2011 6.14 PM

thank atas materinya,,,,,

Desember 17, 2011 11.05 PM

BAGUS :)

yogi
Desember 18, 2011 4.28 AM

sangat berguna Bg Ane
thanks... ^_^

yoga.p
Mei 08, 2012 2.34 AM

bg upayanya mana,,
seperti bagaimana upaya-upaya untuk mewujudkan budaya sosialisasi ke dalam masyarakat

ira
Mei 29, 2012 7.11 PM

materinya bagus dan mendalam, kayanya kalo anak SMA bisa menguasai bahan seperti ini, bisa jadi politikus handal niy.... minimal bisa jadi pembelajaran politik yang bagus....

Juni 01, 2012 5.42 AM

nice post :)

Juli 05, 2012 2.17 AM

Good :)
terimakasih yahh sudah membantu saya untuk mem[ersiapkan materi pembelajaran pkn.

DEA
Juli 15, 2012 6.52 PM

PERFECT :)

Juli 23, 2012 10.48 PM

Helpful banget bwt tugas PKN ku ..
Gracias :)

Anonim
Juli 26, 2012 3.19 AM

arigatou :)

Anonim
Juli 28, 2012 12.44 AM

thank you

Juli 28, 2012 10.02 PM

huuh banyak bgt :D

Anonim
Juli 29, 2012 4.40 AM

hahaha makasih :)

Anonim
Agustus 03, 2012 6.07 AM

kok gk ad tipe-tipe budaya politik yang berdasarkan sifat yang ditunjukan.

Anonim
Agustus 07, 2012 3.03 PM

keren on artikel nya

Agustus 17, 2012 4.25 AM

Terima kasih,,...!!

sangat berguna...!!

Agustus 21, 2012 8.34 PM

faktor2 ny gak ad ya ?

Anonim
Agustus 22, 2012 7.17 AM

mksh bnyak ny
materi PKn ny bgus bgettttt.....

Anonim
Agustus 22, 2012 10.49 PM

ya setuju tuh, tipe2 budaya politik yang ini gak ada. Yaitumenurut penggolongan dr :
1. Sikap yg ditunjukkan
2. Sikap terhadap tradisi dan perubahan
Semoga bisa ditambah yaaa :)
Trims

September 05, 2012 5.01 AM

terimakasih atas materinya :)

Anonim
September 05, 2012 9.45 PM

sangat membantu dalam mengerjakan tugas :) makasih

September 06, 2012 3.12 PM

Terima kasih atas postingannya. Membantu saya mengerjakan tugas :)

September 06, 2012 7.31 PM

postingan ini sangat menarik serta enak dibaca.... saya berharap bisa berkunjung lagi

September 21, 2012 2.01 AM

materinya keren.. cuman kekurangannya tidak ada sumbernya. karena saya yakin materi ini kebanyakan dari buku.. Adek sy butuh materi ini tapi sayang harus ada sumbernya dari buku... meskipun klw sy ambil materi ini tetap juga harus sy cantumkan alamat blog ini.. Bagus materinya lebih terperinci...

Anonim
Oktober 16, 2012 3.20 AM

hak dan kewajiban parpol itu apaa..????

Anonim
November 14, 2012 9.37 PM

terima kasih telah membantu mengerjakan tugas saya

Maret 17, 2013 4.07 AM

Manteb gan artikelnya ini yang saya cari, makasih ya.

Maret 17, 2013 3.16 PM

pas banget buat UTS nanti...

Thanks, gan...

Mei 19, 2013 1.26 AM

thanks gan (y)
sukses selalu..

Juli 20, 2013 4.28 PM

Thanks Materinya...
Ini lengkap,buat Tambah Materi PKN saya..

Nice Post

Juli 24, 2013 7.06 PM

sipp. sangat membantu

Agustus 19, 2013 6.40 AM

terimakasih.
hal ini sangat membantu saya.

Agustus 25, 2013 8.08 AM

terimakasih, sangat membantu untuk menyelesaikan tugas saya :)

Agustus 28, 2013 1.28 AM

thanks,

idha_rezha
Agustus 30, 2013 3.31 AM

trimaksih atas materi.y

September 11, 2013 4.15 AM

ap kamu msih sma

September 16, 2013 7.52 PM

mudah dimengerti.

Oktober 02, 2013 7.04 PM

Salam kenal, senang bisa berkunjung disini. Artikelnya bagus, banyak manfaatnya. Saya tunggu kunjungan baliknya di http://OBYEKTIF.COM/. Terima kasih.

Salam kompak:
Obyektif Cyber Magazine
obyektif.com

Anonim
Oktober 04, 2013 6.55 AM

Makasih banyak :) semoga bs bermanfaat ya. Semangat teruss!!!!!

Anonim
Oktober 04, 2013 2.32 PM

file nya sangat membantu , terimakasih :)

Oktober 05, 2013 7.35 PM

rangkuman ini sangat menarik kawan.

Oktober 23, 2013 5.38 AM

Mksh ya gan. Lumayan buat ulangan bsk. Sangat membantu

ARNHY
November 04, 2013 9.25 PM

Numpang nax fungsi dri sosialisasi politik i2 ap yeah . . ?

November 12, 2013 2.13 AM

Materinya lengkap :) makasih udah bantu aku bikin tugasnya :D

November 12, 2013 3.38 AM

makasih ...
pasuruan-community.blogspot.com

Desember 17, 2013 3.30 AM

Ada yg taau gk jawaban dari
Tipe-tipe system politik menurut Ramlan Surbakti

Januari 07, 2014 2.55 AM

Keren sob

www.kiostiket.com

April 05, 2014 8.21 AM

ijin copas ya. terimakasih

April 19, 2014 1.15 AM

Tanks membantu..

Juli 23, 2014 9.09 AM

Makasih atas bantuan materi PKN nya dan saya menjadi merasa terbantu atas tambahan materi ini untuk makalah saya.. terima kasih

Anonim
September 27, 2014 5.09 AM

Alhamdulillah sgt membantu, terima ksih bnykk :)

Oktober 30, 2014 1.56 AM

IZIN COPY YA..

November 18, 2014 8.16 PM

Sip. trims.....

Poskan Komentar

Maaf!...Komentar harus sopan, mendidik/konstruktif, komentar yang berbau spam akan saya hapus!

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Materi PKn MA dan SMA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger