photo addesign.gif
Selamat Datang di Blog Materi PKn MA dan SMA ini Semoga dapat memenuhi apa yang Anda cari dan butuhkan

Soal PKn Kelas XII Bab 2

-->
1. Pemerintahan dalam arti luas adalah.......A. Pelaksanaan kekuasaan legislatif dalam suatu negara......B. Pelaksanaan kekuasaan eksekutif dalam suatu negara......C. Pelaksanaan kekuasaan yudikatif dalam suatu negara......D. Pelaksanaan kekuasaan eksekutif dan legislatif dalam suatu negara..........E. Pelaksanaan kekuasaan eksekutif, legislatif dan yudikatif dalam suatu negara.
2. Menurut Polybios, demokrasi adalah bentuk pemerintahan yang lahir sebagai reaksi terhadap pemerintahan........A. Monarki......B. Tirani......C. Aristokrasi.......D. Oligarki....E. Okhlokrasi.
3. Di bawah ini adalah ciri-ciri dari pemerintahan parlementer, kecuali.........A. Pemusatan kekuasaan ke tangan Parlemen......B. Semua anggota kabinet merupakan anggota parlemen.......C. Presiden adalah kepala negara dan kepala pemerintahan......D. Kabinet bertanggungjawab pada parlemen......E. Parlemen dapat membubarkan kabinet.
4. Dalam sistem pemerintahan presidensial, presiden tidak berwenang untuk.....A. membentuk kabinet sebagai pembantunya....B. Memberhentikan para menteri.....C. Membubarkan parlemen atau badan legislatif.....D. menjalankan fungsi sebagai kepala negara........E. Menjalankan fungsi sebagai kepala pemerintahan.
5. Prinsip-prinsip pemerintahan sistem parlementer pada hakikatnya merupakan ........A. Intisari kebiasaan ketatanegaraan kerajaan Inggris.......B. Intisari kebiasaan ketatanegaraan di Amerika Serikat......C. Hasil pemikiran para pembentuk konstitusi kerajaan Inggris.......D. Hasil pemikiran para pembentuk konstitusi Amerika serikat.....E. Intisari kebiasaan ketatanegaraan dan hasil pemikiran para pembentuk konstitusi Kerajaan inggris.
6. Prinsip-prinsip sitem pemerintahan presidensial pada hakikatnya merupakan..... A. Intisari kebiasaan ketatanegaraan kerajaan Inggris.......B. Intisari kebiasaan ketatanegaraan di Amerika Serikat......C. Hasil pemikiran para pembentuk konstitusi kerajaan Inggris.......D. Hasil pemikiran para pembentuk konstitusi Amerika serikat.....E. Intisari kebiasaan ketatanegaraan dan hasil pemikiran para pembentuk konstitusi Kerajaan inggris.
7. Sistem pemerintahan presidensial disebut juga sebagai pixed executive karena.....A. Kabinet dapat dijatuhkan oleh parlemen melalui mosi tak percaya......B. Masa jabatan para menteri tidak ditentukan oleh kepercayaan parlemen.....C. Presiden sewaktu-waktu dapat mwmbubarkan kabinet......D.Para menteri bertanggung jawab kepada Presiden......E. Para menteri tidak bertanggung jawab pada parlemen.
8. Landasan konstitusional bagi kekuasaan Presiden RI untuk menjalankan pemerintahan negara dan mengangkat para menteri atau sebagai acuan bahwa negara RI menerapkan sistem pemerintahan presidensial adalah......A. Pasal 1 dan 4 UUD 1945......B. Pasal 2 dan 4 UUD1945......C. Pasal 1 dan 17 UUD 1945......D. Pasal 2 dan 17 UUD 1945......E. Pasal 4 dan 17 UUD 1945.
9. Dalam sistem check and balances di Indonesia, pihak MPR mempunyai wewenang untuk.......A. Memberhentikan Presiden dan wakil Presiden atas usul DPR......B. Mengawasi pemerintah atau eksekutif sesuai hak pengawasan.......C. menyetujui atau menolak menyetujui perjanjian internasional......D. Memberi pertimbangan dalam pengangkatan dan penerimaan Duta......E. Memberi pertimbangan dalam memberi amnesti dan abolisi.
10. Dasar berlakunya sistem pemerintahan parlementer di awal kemerdekaan RI sampai 27 Desember 1949 adalah .........A. Proklamsi Kemerdekaan 17 Agustus 1945......B. UUD 1945......C. Maklumat Pemerintah tanggal 14 Nopember 1945......D. Konstitusi RIS 1949......E. UUDS 1950.
11. Menurut UUD 1945, sistem pemerintahan di Indonesia adalah ......A. Presidensial......B. Parlementer......C. Quasi presidensial......D. Quasi Parlementer......E. Semi presidensial
12. Pemerintahan dalam arti sempit meliputi.......A. MPR, Presiden dan Menteri......B. MPR, DPR dan Presiden......C. Presdien dan wakil presiden......D. Presiden, Wapres dan Menteri......E. Presiden, DPR dan Wakil Presiden.
13. Dalam pelaksanaannya, bentuk pemerintahan republik dapat dibedakan atas republik absolut, konstitusional dan ........A. Demokratis.......B. Ekstraparlementer......C. Parlementer......D. Kerakyatan......E. Presidensial.
14. Pada sistem pemerintahan parlementer , hubungan antara eksekutif dan legislatif cenderung .......A. Tidak harmonis......B. Sangat harmonis......C. Saling curiga......D. Sangat erat......E. Kurang Baik.
15. Berikut ini adalah kekuasaan PM Inggris yang dianggap memiliki kekuasaan cukup besar, kecuali........A. memimpin kabinet dari anggotanya......B. Membimbing majelis rendah......C. Menjadi penghubung dengan raja......D. Memimpin partai yang mayoritas......E. Melakukan perundingan dengan negara lain.
16. Salah satu kelebihan sitem pemerintahan parlementer adalah......A. Parlemen dapat mengontrol  eksekutif dengan efektif......B. Perdana Menteri berkuasa untuk mengganti Menteri-menterinya......C. Kekuasaan kepala negara mutlak.....D. Pemerintah cepat diganti melalui mosi tak percaya.....E.Banyak digunakan dinegara maju.
17. Di bawah ini adalah bentuk pemerintahan klasik menurut Aristoteles, kecuali.......A. Monarki.....B. Tirani.....C. Aristokrasi......D. Oiligarki.......E. Okhlokrasi.
18. Pemerintahan merupakan hasil dari tindakan administratif dalam berbagai bidang yang merupakan hasil kegiatan produksi bersama, bukan hanya sebagai hasil dari pelaksanaan tugas pemerintah dalam melaksanakan perarturan perundangan.  Arti pemerintahan menurut.........A. Offe.......B. Kooiman........C. Utrecht......D. Henry Mayo........E.Mac Iver.
19. Pemerintahan merupakan proses interaksi antara berbagai aktor dalam pemerintahan dengan berbagai kelompok individu masyarakat.  Arti pemerintahan menurut.........A. Offe.......B. Kooiman........C. Utrecht......D. Henry Mayo........E.Mac Iver.
20. Bentuk pemerintahan yang dipegang oleh satu orang demi kepentingan umum baik menurut Aristoteles maupun Polybios, disebut.........A. Monarki......B. Tirani......C. Aristokrasi......D. Oligarki......E. Demokrasi.
21. Bentuk pemerintahan yang dipegang oleh sekelompok cendekiawan demi keadilan dan kepentingan umum baik menurut Plato maupun Aristoteles, disebut...... A. Monarki......B. Tirani......C. Aristokrasi......D. Oligarki......E. Demokrasi.
22. Monarki absolut yaitu suatu pemerintahan yang dipegang seorang raja atau ratu yang sewenang-wenang.  Salah satu penguasa diktator yang dikenal dengan semboyan L’etat C’est Moi atau negara adalah saya sendiri yaitu.....A. Raja Prangko di Spanyol......B. Hitler di Jerman......C. Louis XIV di Prancis......D. Ratu Elizabeth II di Inggris......E. Kaisar Hirohito di Jepang.
23. Bentuk pemerintahan yang dikepalai seorang raja yang kekuasaannya dibatasi undang-undang Dasar disebut........A. Monarki absolut........B. Monarki parlementer......C. Republik konstitusional........D. Monarki Konstitusional.
24. Bentuk pemerintahan dalam suatu negara yang dikepalai oleh seorang raja dengan menempatkan parlemen sebagai pemegang kekuasaan tertinggi disebut....... A. Monarki absolut........B. Monarki parlementer......C. Republik konstitusional........D. Monarki Konstitusional.
25. Presiden hanya berfungsi sebagai kepala negara tetapi presiden tidak dapat diganggu gugat sedangkan kepala pemerintahan di tangan Prdana Menteri disebut.....A. Republik Parlementer..........B. Monarki Parlementer...........C. republik Konstitusional.......D. republik absolut.......E. Monarki konstitusional/
26. Di bawah ini adalah ciri-ciri sistem pemerintahan presidensial kecuali.......A. Eksekutif atau kabinet bertanggung jawab kepada Parlemen......B. Kabinet atau dewan menteri dibentuk oleh presiden.......C. Presiden tidak dapat membubarkan parlemen.......D. Oresiden sebagai kepala negara sekaligus kepala pemerintahan.....E. Menteri bertanggung jawab kepada Presiden.
27. Setelah diadakan amndemen UUD 1945 dimana MPR merupakan lembaga bikameral yang terdiri dari........A. DPR dan utusan daerah.......B. DPR dan Utusan golongan........C. DPR dan MPR........D. MPR dan DPD.......E. DPR dan DPD.
28 Setelah diadakan amandemen UUD 1945 lembaga Negara yang berwenang mengusulkan pengangkatan hakim agung dan berwenang menjaga kehormatan dan prilaku hakim adalah......A. Mahkamah Agung.....B. Jaksa Agung......C. Mahkamah Konstitusi........D. DPR dan presiden..........E. Komisi Yudisial.
29.       Menurut pasal 1 ayat 2 UUD 1945, Kedaulatan berada di tangan rakyat dan dilakukan menurut ...... A. Undang Undang Dasar....... B. Kehendak MPR....C. MPR, DPR dan DPD.......D. Undang Undang.......E. Peraturan Pemerintah.
30. Sistem pemerintahan yang diterapkan Indonesia pada awal kemerdekaan antara tahun 1945 – 1949 adalah pelaksanaan dari sitem pemerintahan ......A. Presidensial.....B. Parlementer.......C. Republik.......D. Demokrasi Pancasila.......E. Rebublik Absolut
31. perubahan struktur ketatanegaraan RI akibat diberlakukannya amandemen UUD 1945 menyebabkan beberapa lembaga negara dikurangi maupun ditambah.  Salah satu lembaga negara yang baru adalah Mahkamah Konstitusi yang memiliki tugas .........A. Menangani pelanggaran terhadap Konstitusi.........B. Menangani pelanggaran HAM ringan maupun berat........C. Membantu MA dalam menyesaikan perkara tingkat kasasi........D. Berkonsultasi dengan Presiden dalam memberi Amnesti dan Abolisi........E. Menyeleksi calon hakim agung.
32. Menurut pasal 14 UUD 1945 ayat 2, Presiden memberi Amnesti dan abolisi dengan memperhatikan pertimbangan  …...A. Jaksa Agung.......B. Mahkamah Agung.........C. Dewan Perwakilan Rakyat.......D. Majelis Permusyawaratan Rakyat.........E. Komisi Yudisial.
33. Yang termasuk lembaga baru setelah amandemen UUD 1945 adalah .......A. DPD, MK, Komisi Yudisial.........B. DPD, MK, Komisi Yudisial, Dewan Penasehat Presiden.......C. Utusan daerah, DPD, DPA.........D. DPA, DPR, MPR......E. MK dan DPD.
34. Setelah amandemen UUD 1945 fungsi MPR berubah dengan terbentuknya lembaga negara baru.  Di bawah ini fungsi MPR, kecuali.......A. Menetapkan UUD......B. Mengubah UUD.....C. Menyususn dan menetapkan GBHN.......D. Menetapkan Presiden dan Wakil Presiden..........E. Melantik Presiden dan wakil presiden.
35. Kelemahan terbesar pelaksanaan sistem pemerintahan di masa oede baru adalah......A. Suburnya  Kolusi, Korupsi, Nepotisme......B. Kebutuhan rakyat sulit di peroleh.....C. Sering terjadi demontrasi......D. Para pejabat negara tidak profesional......E. Stabilitas keamanan tidak terjamin.
36. Salah satu kelemahan atau keburukan yang paling menonjol dari sistem pemerintahan parlementer, adalah......A. Pemerintahan cenderung labil......B. Kabinet dapat dijatuhkan setiap saat.....C. Berpengaruhnya pengawasan DPR......D. Program pemerintah cebnderung terhambat.......E. Sering terjadi krisis kabinet.
37. Pencantuman sistem pemerintahan negara RI sebelum amandemen, dituangkan di dalam......A. Pembukaan UUD 1945.......B. Penjelasan UUD 1945....C. Peraturan Peralihan UUD 1945.......D. Aturan Tambahan UUD 1945......E. Batang Tubuh UUD 1945.
38. Dalam sistem pemerintahan parlementer, apabila terjadi pertentangan antara Parlemen dengan eksekutif atau dewan menteri, maka raja, ratu atau presiden membubarkan.........A. Perdana menteri........B. Dewan Menteri atau Kabinet.....C. Dewan penasehat.......D. Parlemen........E. Mahkamah agung karena tidak berhasil menyelesaikan krisis yang terjadi.
39. Menurut Polybios, demokrasi adalah bentuk pemerintahan yang akan lahir sebagai reaksi terhadap ..............A. Pemerintahan Monarki.......B. Tirani.......C. Aristokrasi.......D. Oligarki.........E. Okhlokrasi.
40. Didalam sistem pemerintahan kerajaan inggris menganut sistem bikameral, yang terdiri dari House of Commons dan House of Refresentatif.  House of Commmons yaitu berasal dari kalangan......A. Cendekiawan......B. Bangsawan........C. Hartawan.......D. Praktisi hukum........E. Kalangan profesional.

     

12 komentar:

Anonim mengatakan...

mana jawabanna euy urang liue yeuh neangan

Drs. Munawar Kholil mengatakan...

Jawabannya yang dicetak bold atau yang cetak tebal ....ok..jangan bingung lagi,salam sukses ....

nur mengatakan...

buat bpk drs.munawar thanks banyak ya ,atas peran serta bpk untuk memajukan pemahaman dan wawasan kami tentang pkn,pak mnawar klu boleh saya minta prediksi unas untuk paket C bulan november ,2010,saya punya temen yg lagi ikut program paket C,sedangkan dia di rumah gk ada internet ,jadi saya hanya ingin menolong mereka ,untuk membantu mencarikan bahan prediksi ujian nasional untuk kejar paket,di tunggu yak pak ,thanks so much

Radiguna mengatakan...

Oke, makasih Gan. Untk materi ulangan Mgu dpan nih .
Makasih ya !
Trus update blg.a Oke !

Anonim mengatakan...

thks

world mengatakan...

sangat membantu

syamsudin mengatakan...

Makasih sudah membantu bikin refrensi soal

Anonim mengatakan...

terimakasih, dapet banyak pencerahan :)

Anonim mengatakan...

sory bro masih bingung nih jawabanya yg mn

Willy Brodus mengatakan...

itu yang dibold (cetak tebal) jawabannyaa

Anonim mengatakan...

jawaban nomor 14 apa ya?

Anonim mengatakan...

Terima kasih banyak pak. Sangat membantu sekali

Poskan Komentar

Maaf!...Komentar harus sopan, mendidik/konstruktif, komentar yang berbau spam akan saya hapus!