photo addesign.gif
Selamat Datang di Blog Materi PKn MA dan SMA ini Semoga dapat memenuhi apa yang Anda cari dan butuhkan

Soal PKn Kelas XII Bab 1

-->
1. Idiologi pada hakekatnya adalah suatu penetahuan mengenai cara menyembunyikan kepentingan,   mendapatkan serta mempertahankan kekuasaan dengan memamfaatkan konsepsi-konsepsi keagamaan dan tipu daya.  Pengertian idiologi menurut ...........A. Nicollo Machiavelli.....B. Antoine destut de Tracy..........C. Karl Marx......D. Louis Althusser.....E. Ernest Renan.
2. Idiologi adalah ilmu tentang gagasan atau ilme tentang ide-ide yang baik yaitu ide yang sesuai dengan akal budi yang sehat.  Pengertian idiologi menurut .........A. Nicollo Machiavelli.....B. Antoine destut de Tracy..........C. Karl Marx......D. Louis Althusser.....E. Ernest Renan.
3. Idiologi adalah kesadaran palsu.  Pengertian idiologi menurut ..... A. Nicollo Machiavelli.....B. Antoine destut de Tracy..........C. Karl Marx......D. Louis Althusser.....E. Ernest Renan.
4. Idiologi adalah pedoman hidup sebab idiologi mengajarkan bagaimana manusia menjalankan kehidupan. Pengertian idiologi menurut ..... A. Nicollo Machiavelli.....B. Antoine destut de Tracy..........C. Karl Marx......D. Louis Althusser.....E. Ernest Renan.
5. Kemampuan sebuah idiologi untuk mencerminkan realita yang hidup di masyarakat dimana ia muncul untuk pertama kali, paling tidak realita pada awal kelahirannya, disebut dimensi .....A. Realita......B. Idealisme......C. Fleksibelitas........D. Ideologis.......E. Normativitas.
6. Kualitas  yang dapat menentukan  kemampuan idiologi dalam memberikan harapan kepada kelompok atau golongan yang ada dalam masyarakat dalam meningkatkan tarap hhidup dan kesejahteraannya, disebut dimensi....A. Realita......B. Idealisme......C. Fleksibelitas........D. Ideologis.......E. Normativitas.
7. Kemampuan idiologi dalam mempengaruhi dan sekaligus menyesuaikan diri dengan pertumbuhan atau perkembangan masyarakatnya, disebut dimensi....A. Realita......B. Idealisme......C. Fleksibelitas........D. Ideologis.......E. Normativitas.
8. Pokok persoalan yang dibahas dalam masa sidang pertama BPUPKI adalah ......A. Dasar negara.......B. Bentuk Negara.....C. Rancangan Hukum dasar.....D. Wilayah Negara....E. Hubungan negara dengan Agama.
9. Yang bikan prinsip Dasar Negara yang diusulkan oleh Ir. Soekarno, adalah......A. Nasionalisme....B.kekeluargaan.......C. Internasionalisme.....D. Demokrasi.....E. Kesejahteraan Sosial.
10. Piagam Jakarta disusun oleh wakil golongan kebangsaan dan islam yang tergabung dalam ....A. Panitia Delapan....B. Panitia Dasar Negara.....C. Panitia Sembilan.....D. Panitia Sebelas....E. Panitia Perancang UUD.
11. Pokok persoalan utama yang dibahas dalam sidang kedua BPUPKI adalah......A. Dasar negara...B. Bentuk Pemerintahan.....C. Rancangan hukum Dasar.....D. Kepala Negara ....E. Sistem pemerintahan.
12. Secara Yuridis Konstitusional dasar negara pancasila lahir pada tanggal .......A. 1 Juni 1945....B. 22 Juni 1945......C. 29 Mei 1945......D. 17 Agustus 1945......E. 18 Agustus 1945.
13. Lembaga yang secara resmi menetapkan Pancasila sebagai dasar negara adalah .....A. BPUPKI...B. PPKI.....C. MPR.....D. KNIP.......E. MA.
14. Yang merupakan ciri idiologi terbuka adalah .......A. Berlaku untuk semua aspek kehidupan.....B. Isinya tidak langsung opersional....C. Nilai-nilainya dipaksakan dari luar.....D. Merupakan kerangka gagasan yang beku dan mati.........E. Keberlakuan isinya mutlak.
15. Agar pembangunan dapat terarah dan bermamfaat bagi manusia, syarat yang harus dipenuhi adalah sebagai berikut, kecuali........A. Menghormati HAM..........B. Harus demokratis.......C. Meningkatkan kebutuhan manusia.........D. Arahnya ditentukan oleh seluruh masyarakat......E. Menciptakan taraf minimum keadilan sosial.
16. Anggapan-anggapan  dasar yang membentuk suatu keyakinan, disebut......A. Nilai dasar.....B. Nilai Instrumental.....C. Paradigma........D. Nilai Praksis......E. Nilai operasional.
17. Pancaasila merupakan idiologi negara, artinya.......A. Idiologi yang dikembangkan oleh negara.....B. Idiologi milik negara....C. Idiologi mengenai bagaimana bernegara......D. Idiologi yang disusun oleh negara.........E. Hanya untuk lembaga negara.
18. Sebagai idiologi terbuka, Pancasila sebaiknya.....A. Disesuaikan dengan idiologi lain.....B. Dipadukan dengan idiologi lain......C. Dibuatkan penafsiran resmi......D. Ditafsirkan ulang......E. Dikontraskan dengan idiologi lain.
19. Yang merupakan ciri dari idiologi tertutup adalah.......A. Merupakan kekayaan rohani masyarakat.....B. Nilainya tidak diciptakan oleh negara.......C. Menghargai pluralitas di masyarakat.....D. Isinya tidak langsung operasional......E. Masrakatnya dituntut memiliki kesetiaan secara totalitas.
20. Pancasila adalah sumber nilai.  Nilai dalam Pancasila yang sifatnya abstrak dan umum sehingga memerlukan penafsiran ulang sesuai keadaan bangsa dan perkembangan zaman, disebut nilai.......A. Dasar......B. Instrumental........C. Praksis........D. Operasional........E. Estetika.
21. Nilai dalam Pancasila yang merupakan penjabaran dari nilai dasar, disebut nilai...... A. Dasar......B. Instrumental........C. Praksis........D. Operasional........E. Estetika.
22. Nilai dalam Pancasila yang merupakan penjabaran nilai instrumental dalam situasi kongkrit dan sifatnya amat dinamis, disebut nialai........ A. Dasar......B. Instrumental........C. Praksis........D. Operasional........E. Estetika.
23. Dalam pelaksanaan pembanguan, bahwa suatu usaha bangsa untuk melepaskan diri dari ketergantunagn pada bangsa lain agar dapat berdiri sendiri diatas kekuatan sendiri, disebut......A. Emansipasi Bangsa.......B. Modernisasi.......C. Humanisasi......D. Globalisasi.......E. Glokalisasi.
24. Dalam pelaksanaan pembangunan, bahwa suatu upaya untuk mencapai taraf dan mutum kehidupan yang lebih baik, disebut...... A. Emansipasi Bangsa.......B. Modernisasi.......C. Humanisasi......D. Globalisasi.......E. Glokalisasi.
25. Pembangunan pada hakekatnya adalah untuk menciptakan manusia seutuhnya dan manusia indonesia pada umumnya, disebut......... A. Emansipasi Bangsa.......B. Modernisasi.......C. Humanisasi......D. Globalisasi.......E. Glokalisasi.
26. Contoh nilai Instrumental dalam idiologi Pancasila, adalah.......A. Ketuhanan.....B. Peratuaran-peraturan.......C. Saling menghormati.........D. Kemanusiaan..........E. Keadilan.
27. Pancasila adalah idiologi terbuka, maksudnya.............A. Membuka diri dan menerima semua kemajuan ayang ada......B. Menerima kemajuan pengetahuan sesuai dengan kepribadian......C. Dapat menerima kemajuan bila mengun tungkan......D. Perpaduan dari berbagai idiologi bangsa lain......E. Terbuka untuk ditafsirkan bersama bangsa sdan negara lain.
28. Yang dimaksud Pancasila sebagai sumber nilai adalah ..........A. Kehidupan bangsa indonesia itu harus sesuai dengan kepribadiannya........B. Keberhasilan kemajuan bangsa Indonesia diukur dengan kepribadiannya.......C. Yang menjadi sumber ukuran baik atau buruk adalah kepribadiannya.......D. Masyarakat Indonesia yang maju adalah yang tinggi inteleknya.....E. Selalu menunjukkan bangsa dan negaranya.
29. Pancasila sebagai paradigma pembangunan maksudnya.......A. Bangsa Indonesia maju dan mampu bersaing dengan bangsa lain........B. Menciptakan kondisi bangsa Indonesia sesuai dengan kepribadiannya......C. Ukuran keberhasilan pembangunan adalah penyerapan tekhnologi......D. Pembangunan  yang dilaksanakan mengacu pada standar nilai yaitu Pancasila.......E. Pembangunan itu harus mampu menyerap tenaga kerja dan tekhnologi.
30. Bangsa Indonesia memiliki ciri khas yang tidak dimiliki oleh bangsa lain.  Hal ini sesuai dengan kertangka pikir Pancasila sebagai.......A. Dasar negara.......B. Pandanagan hidup Bangsa.......C. Jiwa dan kepribadian bangsa..........D. Pedoman bangsa Indonesia.......E. Perjanjian luhur bangsa Indonesia.
31. Pancasila sebagai dasar Negara secara yuridis konstitusional tercantum dalam pembukaan UUD 1945, merupakan............A. Idiologi terbuka......B. Sumber dari hukum.....C.  Pemersatu bangsa.........D. Kepribadian bangsa..........E. Cita-cita bangsa.
32. Rumusan Pancasila Menururt Piagam Jakarta pada sila pertamanya tidak mencerminkan idiologi terbuka karena tidak sesuai dengan realita atau kenyataan dari pluralitas agama yang dipeluk masyarakat Indonesia.  Pada sila pertama tersebut  hanya merangkul agama....
     A. Islam saja........B. Kristen saja.....C. Hindu saja......D. Budha saja......E. Kepercayaan saja.
33. Suatu model atau pola berpikir sebagai upaya untuk melaksanakan perubahan yang direncanakan disebut.....A. Strategi pembangunan.....B. Pola pembangunan.....C. Upaya pembangunan......D. Paradigma pembangunan.........E. Rencana Pembangunan. 






Print Halaman Ini dan kirim komentarnya kawan...Terima Kasih




10 komentar:

jitu Media mengatakan...

Terima kasih atas postingan materi PKn

Anonim mengatakan...

nice:)

world mengatakan...

good

hanandoshafapratama mengatakan...

terima kasih ya bos soal ulangan saya terjawab semua

Rizka Nur Isnaini mengatakan...

terima kasih sangat membantu tugas saya

Hana Nabila Salamah mengatakan...

Thx, bermanfaat banget...

Martin Lumban Gaol mengatakan...

gak ada bab yg tentang sistem pemerintahan ya pak ?

DA_KY_ZA_KUN mengatakan...

trimakasih,bermanfaat,...

Iam Honesty_1010 mengatakan...

makasih ya, bantu banget

Anonim mengatakan...

tx banyak sangat membantu kue,,

Poskan Komentar

Maaf!...Komentar harus sopan, mendidik/konstruktif, komentar yang berbau spam akan saya hapus!